Chengdu, China (ANTARA) - Tunggal putra Chou Tien Chen mengatakan keberanian dan rasa pantang menyerah menjadi kunci utamanya dalam membuka jalan Taiwan menuju babak semifinal Piala Thomas 2024.

Adapun Chou memenangkan laga sengit atas pemain unggulan Denmark sekaligus tunggal putra nomor satu dunia Viktor Axelsen melalui rubber game ketat 21-19, 14-21, 21-19 di babak perempat final yang diadakan di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China Jumat.

“Saya tahu bahwa saya mungkin tidak bermain sebaik Axelsen, dia adalah pemain yang hebat. Namun, saya mencoba yang terbaik untuk mengembalikan semua pukulan, melakoni reli, dan meraih poin demi poin,” kata Chou saat ditemui usai pertandingan tersebut.

Lebih lanjut, Chou mengaku tidak memiliki ekspektasi apa pun saat menghadapi sang peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut. Ia mengatakan hanya berusaha untuk terus menumbuhkan kepercayaan dirinya di lapangan, bahwa ia bisa memberikan perlawanan yang sengit.

“Saya tidak berekspektasi apa pun. Saya hanya memberikan yang terbaik. Menurut saya, hal terpenting saat bertanding adalah memiliki daya juang tinggi. Itu adalah hal yang saya bangun, melakukan yang terbaik, dan fokus,” ujar pemain berusia 34 tahun itu.


Baca juga: Fajar/Daniel pastikan Indonesia lanjutkan langkah ke semifinal

Taiwan, yang akan menjadi lawan Indonesia pada babak semifinal Piala Thomas 2024 nanti, bisa dibilang merupakan “kuda hitam” pada ajang bulu tangkis beregu dunia kali ini.

Di babak perempat final, Taiwan menang dramatis 3-1 atas Denmark, dengan dua kemenangan lainnya diraih oleh dua pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin dan Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.

Mengenai julukan “kuda hitam” tersebut, Chou mengaku tidak memiliki pendapat tersendiri, dan hanya akan berusaha bermain baik lagi pada partai empat besar mendatang.

“Kita akan lihat, apakah nanti kami bisa menjadi ‘kuda hitam’ seperti apa yang orang-orang katakan,” ujar Chou.

Sementara itu, laga semifinal antara Taiwan dan Indonesia dijadwalkan pada esok hari pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Ester akhiri penantian 14 tahun Indonesia lolos semifinal Piala Uber
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024