komoditas beras menunjukkan penurunan harga seiring dengan panen raya yang mulai berlangsung di sejumlah daerah sentra.
Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah menyatakan penurunan tekanan inflasi pada April 2024, dipengaruhi terutama oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau, sejalan dengan penurunan harga komoditas pangan

Pelaksana Harian Kepala Perwakilan BI Jateng Nita Rachmenia, dalam pernyataan di Semarang, Jumat, menyebutkan komoditas beras menunjukkan penurunan harga seiring dengan panen raya yang mulai berlangsung di sejumlah daerah sentra.

Sentra beras di Jateng yang mengalami panen raya, antara lain Kabupaten Klaten, Sragen, Temanggung, Purwokerto, Demak, dan Grobogan.

Baca juga: BPS sebut naiknya tensi geopolitik global pengaruhi inflasi domestik

Telur ayam ras, kata dia, juga tercatat mengalami penurunan harga seiring dengan normalisasi permintaan masyarakat setelah momentun Idul Fitri 1445 Hijriah dan penurunan harga pakan ternak seiring panen jagung di sejumlah daerah, seperti Grobogan, Blora, dan Wonogiri.

Namun demikian, ia mengatakan bahwa sejumlah komoditas pangan tercatat masih mengalami kenaikan harga sehingga menahan penurunan inflasi lebih lanjut.

Ia mencontohkan harga bawang merah yang meningkat pada periode laporan disebabkan oleh gagal panen akibat banjir di sentra-sentra produksi di Jateng pada triwulan pertama 2024 dan turut berdampak pada kenaikan harga bawang merah secara nasional.

Kemudian, kata dia, banjir di sentra produksi yang meliputi Demak seluas 4.137,8 hektare, Brebes (438,5 ha), Kendal (105 ha), dan Grobogan (254 ha) menyebabkan keterbatasan pasokan benih komoditas bawang merah.

"Gagal panen ini juga turut berdampak pada kenaikan harga bawang merah secara nasional," katanya.

Baca juga: BPS Jakarta: Inflasi Lebaran terkendali berkat pasokan beras terjaga

Di sisi lain, kata dia, inflasi kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya, serta kelompok transportasi meningkat didorong oleh kenaikan harga emas perhiasan seiring dengan kenaikan harga emas dunia.

Berdasarkan data Trading Economics, harga emas pada 26 April lalu naik 8,49 persen dibandingkan bulan sebelumnya, atau meningkat 18,45 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan tekanan harga emas global, kata dia, dipengaruhi oleh ketegangan konflik di Timur Tengah yang terus berlanjut dan meluas dengan konflik antara Iran dan Israel.

Peningkatan permintaan investor terhadap "aset safe haven" juga dipengaruhi oleh ekspektasi pembatasan suku bunga The Fed yang berkepanjangan (higher for longer).

Sementara itu dari kelompok transportasi, kata dia, kenaikan inflasi didorong oleh kenaikan tarif angkutan antarkota, sebab sesuai dengan pola musiman terjadi kenaikan permintaan masyarakat terhadap moda angkutan antarkota sejalan peningkatan mobilitas masyarakat pada arus mudik dan balik lebaran.

Pada April 2024, Nita menyebutkan indeks harga konsumen (IHK) tercatat sebesar 0,20 persen (month to month) atau menurun dibandingkan bulan sebelumnya, yakni 0,60 persen (mtm).

Dengan demikian, inflasi gabungan kota di Jateng pada April 2024, yaitu sebesar 3,27 persen (year on year) dan berada di rentang sasaran target inflasi 2,5 plus minus 1 persen.

Secara spasial, kata dia, seluruh kota pantauan inflasi di Jateng mengalami penurunan tekanan inflasi, dengan inflasi terendah Kabupaten Rembang sebesar 0,02 persen (mtm), sedangkan Kota Surakarta mencatatkan inflasi bulanan tertinggi sebesar 0,39 persen (mtm).

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024