Medan (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) resmi membuka kantor perwakilan di Kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di gedung Sinar Mas Land Plaza, Jalan Pangeran Diponegoro no. 18 Medan, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan kepada nasabah bank.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, saat meresmikan kantor perwakilan LPS di Medan, Jumat, mengatakan pemilihan Kota Medan sebagai salah satu lokasi kantor perwakilan LPS didasari berbagai pertimbangan.

Satu diantaranya adalah bahwa Kota Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

Sumatera Utara, kata dia, merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Utara terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2023 yaitu sebesar 4,89 persen.

Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi di Sumut mencapai 5,01 persen YoY. Sementara itu dari sisi dana pihak Ketiga (DPK), per Februari 2024 DPK perbankan provinsi Sumut mencapai Rp319,9 triliun atau setara 3,91 persen terhadap total DPK nasional dan 37,08 persen terhadap total DPK di Sumatera.

"Per Februari 2024, DPK Sumatera Utara tumbuh 6,43 persen YoY," katanya.

"Dengan dibukanya Kantor Perwakilan LPS di Medan, anggota komite stabilitas sistem keuangan di Sumatera Utara sudah lengkap yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan," tambahnya.

Sementara Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dalam kesempatan yang sama mengatakan dengan kehadiran Kantor LPS I – Medan ini diharapkan LPS dapat lebih dekat dengan masyarakat guna mendapatkan edukasi keuangan sehingga layanan keuangan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat Sumatera Utara.

Khususnya para nasabah perbankan serta diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai program penjaminan, baik pada perbankan maupun asuransi, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dapat semakin bertambah.

LPS menunjuk Muhamad Yusron menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS I yang berlokasi di Medan dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi seluruh Sumatera.

Selain Kantor Perwakilan LPS I di Medan, pada tahun ini LPS juga akan membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya yaitu Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, dan Kantor Perwakilan LPS III di Makassar.

Baca juga: LPS salurkan klaim simpanan nasabah per 29 April sebesar Rp237 miliar
Baca juga: LPS siapkan pembayaran simpanan nasabah PT BPRS Saka Dana Mulia
Baca juga: LPS segera bayar simpanan nasabah PT BPR Bali Artha Anugrah  

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024