Saya melihat sudah banyak perempuan yang menjadi pelaku UMKM dan pengelola usaha. Ini membuktikan bahwa kaum perempuan berdaya dan kuat
Kota Pekalongan (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memaksimalkan peran perempuan sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya mewujudkan pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Inggit Soraya di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendorong para wanita dapat menggeluti bidang UMKM.

"Saya melihat sudah banyak perempuan yang menjadi pelaku UMKM dan pengelola usaha. Ini membuktikan bahwa kaum perempuan berdaya dan kuat," katanya.

Menurut dia, para wanita harus memiliki jiwa sebagai pelaku usaha dan berdaya, serta mampu mengembangkan keahlian dan aktif menjalin sinergi dengan Dekranasda maupun pemerintah daerah.

Baca juga: Pemkot Pekalongan tambah ruang pertemuan di Museum Batik 

Baca juga: Pemkot Pekalongan sebut 30 balon meriahkan Festival Balon 2024

"Kami berharap kaum perempuan tidak berhenti di tempat namun bisa bergerak dan meningkatkan kemandirian untuk mensejahterakan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat secara luas," katanya.

Inggit Soraya meminta sektor UMKM mampu meningkatkan daya saing produk yang disesuaikan dengan selera lokal dan global melalui inovasi dan kreativitas.

Selain itu, kata dia, kaum perempuan juga harus bisa mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin pesat.

"Manfaatkan kemajuan teknologi digital untuk hal yang positif sebagai cara untuk meningkatkan pemasaran produk secara luas," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan sebut 70 peserta ikuti Pekalongan Festival Balon 

Baca juga: Pemkot Pekalongan rutin survei dan pemeliharaan jalan berlubang

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024