Sorong (ANTARA) - Pemuka agama dan tokoh adat di Provinsi Papua Barat Daya mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pilkada sebagai upaya menyukseskan pesta demokrasi yang diagendakan pada 27 November 2024.

Ketua Lembaga Masyarakat Malamoi, Silas Kalami di Sorong, Jumat, menjelaskan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab bersama.

"Seluruh elemen masyarakat wajib andil dalam memelihara ketenteraman di lingkungannya masing-masing khususnya jelang Pilkada 2024," katanya.

Menurut dia,  memasuki Pilkada 2024 maka dia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di tanah Malamoi di enam wilayah adat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Maybrat, Sorong Selatan, Tambrauw dan Raja Ampat) untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban.

"Mari kita jaga kamtibmas di wilayah masing-masing supaya kondisi keamanan, ketertiban, kedamaian bisa terjaga secara baik," ucap dia.

Menurut dia, menghadapi tahun politik terutama pada Pilkada 2024 ini, akan ada banyak isu propaganda sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk bijak menanggapi setiap isu yang berkembang, supaya kondisi kamtibmas  bisa terjaga.

Apalagi, kata dia, isu yang berbau SARA dan berujung kepada konflik sosial, perlu diwaspadai dan berusaha untuk menghindar supaya kamtibmas itu bisa terjaga secara baik dan maksimal.

"Apabila ada hal yang mengarah kepada SARA yang mengganggu keamanan, mari kita bersama saling mengingatkan dan memberikan pencerahan yang baik supaya tidak adanya konflik sosial," ucapnya.

Dia juga mengucapkan selamat memasuki tahapan Pilkada 2024 semoga berjalan aman, damai dan penuh persaudaraan untuk melahirkan pemimpin yang representatif dan berkualitas di Papua Barat Daya.
Ketua Forum Kerukunan Umat Beriagama (FKB) Kota Sorong, Pendeta Jeane Fonataba Haurissa (ANTARA/Yuvensius Lasa Banafanu)

Ketua Forum Kerukunan Umat Beriagama (FKB) Kota Sorong, Pendeta Jeane Fonataba Haurissa pun menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat Daya khususnya Kota Sorong untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

"Karena semua kita tahu bahwa damai itu indah, marilah pelihara kedamaian itu di Kota Sorong supaya kota ini tetap aman dan tenteram," ucap Ketua Klasis GKI Sorong.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024