Jakarta (ANTARA/JACX) – Pertandingan perebutan posisi ketiga Indonesia melawan Irak yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) menjadi sorotan.

Dimenit ke-19 Indonesia berhasil mencetak gol hingga skor menjadi 1-0. Kemudian, Irak berhasil menyamakan skor 1-1 atas Indonesia di pertandingan perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024. Gol Irak tak dicek VAR meski sempat terjadi masalah di gawang Ernando Ari.

Sebuah unggahan video menarasikan bahwa Presiden FIFA mempermasalahkan gol kontroversial irak atas Indonesia tersebut. Menurutnya, gol tersebut tidak sah karena offside.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“BUAT APA ADA VAR GOL Kontroversial IRAQ, FIFA Langsung Lakukan Hal Ini Ke Wasit VAR Asal Thailand”

Berikut transkrip Presiden FIFA:

“Kejadian lagi wasit seperti ini, seharusnya gol Zaid Tahseen itu tidak disahkan melihat secara detail ini VAR harus ditayangkan tapi kenapa VAR itu tidak dilakukan itu sangat merugikan ini harus diusut tuntas”

Namun, benarkah Presiden FIFA nyatakan gol kontroversial Irak atas Indonesia tidak sah?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan VAR tidak ditampilkan, Presiden FIFA nyatakan gol kontroversial Irak atas Indonesia tidak sah. Faktanya, video tersebut merupakan Pidato Gianni Infantino yang mengecam Eropa menjelang Piala Dunia 2022 lalu. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video Gianni tersebut serupa dengan unggahan ESPN FC yang berjudul “Gianni Infantino’s speech: FIFA president lashes out at Europe on the eve of World Cup | ESPN FC” yang diunggah pada 19 November 2022.

Dalam keterangan video tersebut, Presiden FIFA Gianni Infantino telah mengecam apa yang dia gambarkan sebagai "kemunafikan" dan "rasisme" dari negara-negara yang bermoral tentang Piala Dunia Qatar dan mengklaim Eropa harus "meminta maaf untuk 3.000 tahun ke depan" atas kesalahan masa lalu.

Dalam monolog satu jam yang menakjubkan yang membuka konferensi pers hari Sabtu di Doha, Infantino, membidik kritik terhadap Qatar dan FIFA dengan membela perlakuan terhadap pekerja migran, mengatakan orang-orang LGBTQ+ diterima dan bersikeras bahwa dia masih mengendalikan turnamen meskipun ada larangan alkohol di stadion menit-menit terakhir.

Dengan demikian, pernyataan Presiden FIFA nyatakan gol kontroversial Irak atas Indonesia tidak sah merupakan keliru. 

Klaim: Presiden FIFA nyatakan gol kontroversial Irak atas Indonesia tidak sah

Rating: Hoaks 

Cek fakta: Hoaks! FIFA batalkan kemenangan Qatar atas Indonesia karena kecurangan wasit

Cek fakta: Hoaks! Presiden FIFA marah karena JIS banjir

Baca juga: Garuda Muda tetap membanggakan, kini bersiap hadapi Guinea

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024