Tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang karib disapa Cak Imin menyebut beberapa kader Partai Golkar mendaftar di PKB, untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

"Dari Golkar Airin Rachmi Diany untuk Pilkada Banten, dan Ahmed Zaki Iskandar untuk Pilkada Jakarta," katanya usai memberikan arahan pada kegiatan pengenalan antara bakal calon kepala daerah zona DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dengan Muhaimin Iskandar.

Menurut dia, walaupun ada kader Golkar yang mendaftar di PKB, tetapi belum menjamin jika nantinya ada koalisi di Pilkada serentak.

"Tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya," ujarnya.

Lanjut dia, yang terpenting dilakukan PKB saat ini adalah mencari figur yang cocok untuk diusung, lalu menentukan partai mana yang berkoalisi.

Baca juga: Muhaimin sebut tiga kriteria calon kepala daerah diusung PKB

Baca juga: PKB ajak bakal calon ikut pilkada untuk majukan daerah


Cak Imin menjelaskan dalam seleksi figur calon kepala daerah, terdapat tiga aspek utama yakni kapabilitas, visi-misi dan elektabilitas.

"Kami masih punya waktu sekitar enam bulan, untuk mematangkan elektabilitas dari calon-calon yang disiapkan, untuk perlu ditingkatkan," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta membuka pendaftaran bakal calon gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta pada November 2024.

"PKB Jakarta siap berkoalisi dan mengusung calon potensial untuk maju di Pilkada 2024," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di Jakarta, Senin (29/4).

Syarat untuk mendukung satu pasang calon minimal memiliki 22 kursi di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Jakarta. Saat ini PKB mempunyai 10 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Saat ini ada dua kader PKB yang dipersiapkan untuk Pilkada Jakarta yakni Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas dan Menteri Ketenagakerjaan sekaligus anggota DPR RI terpilih 2024-2029 Ida Fauziyah.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024