Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan Federation Internationale de Basketball (FIBA) akan membuka kantor baru untuk perwakilan wilayah Asia di Jakarta pada 2024.

"Kami sangat senang bahwa FIBA memiliki komitmen dan juga bentuk apresiasi untuk Indonesia dengan mereka membuka kantor di Indonesia khususnya di Jakarta," kata Dito usai menggelar pertemuan dengan Anggota Dewan FIBA Ingo Weiss di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pembukaan kantor FIBA menunjukkan kepercayaan internasional terhadap Indonesia khususnya bola basket semakin tinggi sehingga patut diapresiasi.

Dengan adanya kantor FIBA di Jakarta, kata dia, nantinya FIBA akan mendampingi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk meningkatkan kualitas bola basket di Tanah Air.

"FIBA akan menurunkan tim yang dedicated, bisa day to day, dan tadi komitmen dari FIBA bagaimana FIBA akan mendampingi Perbasi untuk menaikkan SDM dari pelatih, wasit, serta program pembinaan usia dini," ujarnya.


Baca juga: Bertemu Erick Thohir, FIBA akan berkantor di Indonesia

Dito mengatakan, pihak FIBA menargetkan pengaktifan kantor baru yang ada di kawasan Sudirman, Jakarta, paling lambat pada akhir 2024. Namun, ia telah meminta agar semua persiapan bisa dipercepat sehingga lebih cepat dari target.

"Saya minta kalau semua paperworks-nya cepat, paling cepat dua bulan lagi. Kita komitmen, challenge dari FIBA kita penuh. Insyaaallah tidak lama lagi dua bulan lagi sudah ada kantor resmi FIBA di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, kantor baru FIBA itu merupakan sejarah baru bagi bola basket Indonesia karena kantor perwakilan FIBA untuk kawasan Asia saat ini hanya ada di Singapura dan China.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Perbasi Danny Kosasih menambahkan, pembukaan kantor baru itu merupakan kerja sama Perbasi dengan FIBA untuk membangun bola basket Indonesia.

"Ini sangat bagus sekali, kita sambut baik karena kepercayaan FIBA terhadap Indonesia," ujarnya.


Baca juga: Perbasi minta FIBA Asia tentukan jadwal BCL Asia lebih matang

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024