Semarang (ANTARA News) - Tunggal putri Indonesia Hera Desi Rachmawati melenggang ke babak final kejuaraan bulu tangkis Yonex-Sunrise Vietnam Open setelah mengalahkan rekannya Maria Febe Kusumastuti pada babak semifinal.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu, mengatakan Maria Febe harus terus giat berlatih dengan keras. "Sebenarnya kalau dia mau, tentunya masih bisa bersaing dengan pemain yang lainnya. Hanya, sekarang ini Febe masih labil," katanya.

Hera Desi yang menempati unggulan kedua pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut mengalahkan Maria Febe Kusumastuti yang menempati unggulan ketiga dengan rubber gim 21-5, 16-21, dan 21-16 dalam waktu 46 menit.

Pada babak final, Hera Desi yang menempati peringkat 40 dunia tersebut akan menghadapi pemain muda China He Bing Jiao yang tampil pada kejuaraan ini melalui babak kualifikasi.

Pemain China tersebut melangkah ke final setelah mengalahkan pemain Korea Ko Eun Byul dengan rubber gim 10-21, 21-12, dan 21-14 dalam waktu 50 menit.

Pertemuan antara Hera Desi dengan Bing Jiao yang menempati peringkat 161 dunia merupakan yang pertama kalinya sehingga masing-masing belum mengetahui kekuatan dan kelemahannya.

Pada nomor ganda putra pemain pelatnas asal Djarum Kudus Fran Kurniawan yang berpasangan dengan Bona Septano melangkah ke babak final dan akan menghadapi pasangan Taiwan Lin Chia Yin/Wu Hsiao-Lin.

Pada babak semifinal, pasangan Fran Kurniawan/Bona Septano yang menempati unggulan kelima menyingkirkan pasangan Korea Kim Dae Eun/Lee Sang Joon dengan rubber gim 15-21, 21-13, 21-12, sedangkan ganda Taiwan mengalahkan rekannya Chang Kai Liang/Su Yi Neng dengan rubber gim 21-15, 13-21, 21-18.

Pada nomor tunggal putra dua wakil Indonesia di babak semifinal yiatu Simon Santoso dan Alamsyah Yunus gagal melangkah ke babak final setelah dikalahkan lawan-lawannya.

Alamsyah Yunus yang menempati unggulan pertama dipaksa harus mengakui keunggulan pemain Korea yang menempati unggulan keenam Son Wan Ho dengan dua gim langsung 15-21 dan 8-21 dalam waktu 50 menit.

Sementara itu Simon Santoso yang menempati unggulan kesembilan harus mengakui keunggulan pemain Malaysia Tan Chun Seang yang menempati unggulan kedua dengan tiga gim 13-21, 21-14, dan 18-21 dalam waktu satu jam tiga menit.

Pada nomor ganda campuran akan saling berhadapan di partai puncak antara unggulan ketiga Liao Min Chun/Chen Hsiao Huan dari Taiwan melawan pasangan Korea Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung.

Pasangan Taiwan tersebut melangkah ke final setelah mengalahkan Wong Fai Yin/Chow Mei Kuan (Malaysia) 21-7, 19-21, 21-18, sedangkan pasangan Korea mengalahkan rekannya Kang Ji Wook/Choi Hye Iin 21-13, 21-18.

Pada nomor ganda putri akan saling berhadapan di partai final antara Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho (Malaysia) melawan unggulan pertama dari Korea Ko A Ra/Yoo Hae Won. Ganda Malaysia yang menempati unggulan kedua tersebut menyingkirkan pasangan Korea lainnya Kim Dae Eun/Park So Young 21-18, 21-14.

Sementara pasangan Korea yang menempati unggulan pertama menyingkirkan unggulan ketiga dari Taiwan Chen Hsiao Huan/Lai Chia Wen 21-18, 21-13. (H015/R010)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013