Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik yang menarik terjadi sepanjang Rabu (1/5). Dari mulai peluang Bobby Nasution jadi Gubernur Sumatera Utara hingga delapan agenda PKB.

Berikut rangkaian berita politik yang telah dirangkum ANTARA.

1. Pakar sebut Bobby berpeluang dicalonkan Golkar di Pilkada Sumut 2024

Jakarta (ANTARA) - Ketua Program Studi Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Warjio mengatakan bahwa Wali Kota Medan Bobby Nasution berpeluang untuk dicalonkan Partai Golkar sebagai calon gubernur untuk pilkada Sumatra Utara 2024.

"Sinyal itu sudah disuarakan di dalam pileg dan pilpres," kata Warjio saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu.

Baca di sini


2. May Day 2024, Ketua DPR ingatkan perlindungan bagi buruh lepas

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemberi kerja untuk memberikan perlindungan kepada buruh lepas atau musiman pada momentum Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.

"Pemberi kerja berkewajiban memberikan perlindungan kepada buruh atau pekerja harian lepas berdasarkan ketentuan yang berlalu sesuai dengan kategori pekerjaan," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca di sini


3. KPU mewajibkan caleg terpilih laporkan harta kekayaan

Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewajibkan setiap calon legislatif (caleg) terpilih, baik DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota untuk melaporkan harta kekayaan sebelum dilantik.

Kepala Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Manokwari Sidarman di Manokwari, Rabu, mengatakan sesuai Pasal 52 PKPU No. 6/2024 calon terpilih wajib melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Baca di sini


4. Airlangga: RI masih 'on-track’ untuk capai visi Indonesia Emas 2045

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia saat ini masih berada di jalan yang tepat atau on-track untuk dapat mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Pemerintah memiliki empat pilar utama untuk mencapai visi Indonesia Emas 2024. Pertama, pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Ketiga, pemerataan pembangunan. Keempat, pemantapan ketahanan nasional.

Baca di sini


5. Muhaimin: PKB titip delapan agenda perubahan ke Prabowo Subianto

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan telah menitipkan delapan agenda perubahan kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

"Bukan hanya kader PKB, ketika saya bertemu pak Prabowo, presiden terpilih, yang kita sampaikan adalah delapan visi perubahan," katanya di Jakarta, Rabu malam.

Baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024