Manado (ANTARA) -
KN SAR Bima Sena melakukan evakuasi tiga warga lanjut usia dalam kondisi sakit dari Tagulandang pascaerupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu.

"Tiga orang lanjut usia tersebut dievakuasi dari Pelabuhan Penyeberangan Minanga Tagulandang Utara menuju Pelabuhan Munte Kabupaten Minahasa Utara," kata Kepala Kantor SAR Manado Monce Brury di Pelabuhan Munte, Rabu.

Tiga warga tersebut selanjutnya akan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah ODSK di Kota Manado.

Baca juga: KN SAR Bima Sena evakuasi 109 korban erupsi Gunung Ruang

"Tiga orang yang dievakuasi tersebut harus membutuhkan perawatan medis sehingga kami koordinasi dengan BPBD, BNPB untuk dukungan ambulans maupun logistik atau makanan," ujarnya.

Dia mengatakan para pengungsi lainnya yang telah tiba di Pelabuhan Munte akan didata kemudian diberikan bantuan ataupun pelayanan kesehatan meskipun akan dijemput oleh keluarga.

"Kami masih tetap intensif berkoordinasi dan dengan BPBD, pemerintah setempat baik tingkat provinsi maupun kabupaten terkait penanganan warga korban erupsi Gunung Ruang," katanya.

Baca juga: Warga Tagulandang dievakuasi KMP Lokongbanua menuju Siau pagi ini

Brury mengatakan, pergerakan KN SAR Bima Sena sudah sejak Selasa (30/4) setelah mendapatkan informasi dari BPBD adanya permintaan evakuasi.

Pergerakan KN SAR Bima Sena hari ini adalah bagian dari evakuasi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang.

"Mereka nantinya akan dievakuasi ke Manado, Bitung atau Siau. Proses evakuasi juga dibantu kapal Basarnas, dua kapal feri, serta KRI TNI AL," katanya.

Baca juga: 123 pengungsi erupsi Gunung Ruang tiba dengan KRI Kakap di Bitung

Brury menambahkan, total warga yang dievakuasi sejak erupsi pertama sudah mencapai lebih dari 200 orang, termasuk 109 orang yang dievakuasi hari ini.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024