Jakarta (ANTARA) - Amartha Hangtuah Jakarta melepas pemain asingnya Nick Faust dan menggantinya dengan pemain asing yang sudah akrab dengan IBL yaitu Michael Kolawole untuk sisa musim 2024.

Hangtuah melepas pemain dengan nama lengkap Nicholas David Jordan Faust yang merupakan pemain asing pertama didatangkan pada musim ini. Mereka mengganti Nick Faust setelah melewati sembilan pekan dengan hasil 5 menang dan 6 kalah.

Sebenarnya statistik Faust tidak terbilang buruk dengan rata-rata mencetak 20 poin per gim, 6,8 rebound per gim, 2,6 assist per gim, dan 1,8 steal per gim selama membela Hangtuah musim ini.

Mengutip laman resmi IBL, Faust hanya absen satu laga dari keseluruhan pertandingan Hangtuah. Kontribusi skor terbanyak yang dicetaknya adalah sebesar 37 poin saat menang melawan Satya Wacana Salatiga.

Baca juga: Kemenangan Hangtuah atas Satya Wacana jadi modal menuju playoff

Sejak awal, Faust memang diproyeksikan bukan hanya sebagai guard dengan kemampuan mengatur serangan. Karena beberapa pemain lokal seperti Kelly Purwanto, Diftha Pratama, dan Fisyaiful Amir telah melakukan itu.

Pemain pengganti Nick Faust Michael Ayodele Kolawole yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Kepala Pelatih Amartha Hangtuah Jakarta saat ini Andika Supriadi Saputra. Kolawole bersatu kembali dengan pelatih yang akrab disapa Coach Bedu setelah sebelumnya sama-sama bekerja di bawah nama Louvre Surabaya pada IBL musim 2020.

Michael Kolawole memang sudah akrab dengan kompetisi IBL karena sudah bermain dua kali dalam dua musim yang berbeda dan juga dengan dua tim yang berbeda.

Baca juga: Keberagaman gaya pemain asing untungkan Louvre

Musim debutnya di IBL dimulai bersama Louvre Surabaya. Dia memainkan 14 pertandingan dengan kontribusi 20,6 ppg, 7,1 rpg, 3 apg, dan 1,6 spg. Kolawole merupakan guard yang produktif, terutama dengan kemampuannya saat berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan.

Perjalanan selanjutnya Kolawole di IBL kembali berlangsung pada musim 2022. Dia bermain untuk West Bandits Solo, namun hanya enam laga, dengan kontribusi 15,2 ppg, 4,2 rpg, dan 1 spg. Saat itu dia memilih meninggalkan West Bandits karena merasa tidak aman dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kolawole terakhir bermain untuk tim Kwara Falcons di BAL (Afrika) di pertengahan tahun 2023. Namun dia hanya bermain lima pertandingan saja. Jika kondisinya bagus, dan tetap bermain dengan level yang tinggi, maka Kolawole bisa membantu skuad Hangtuah untuk bangkit di sisa musim 2024.

Baca juga: Hangtuah tukar Daniel Wenas ke Borneo
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024