Jakarta (ANTARA) - Subaru Indonesia mengukir prestasi di ajang JDM Run Time Attack yang berlangsung di sirkuit Pertamina International Street Circuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (30/4).

Ajang ini diikuti oleh 91 pembalap dari seluruh Indonesia, dengan format pencatatan waktu hot lap yang telah disetujui oleh dan mendapat pengawasan langsung dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Pada kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi juga menyempatkan hadir serta memberikan dukungan.

Chief Executive Officer Subaru Indonesia Arie Christopher menyebut antusiasme pemilik mobil Subaru untuk berpartisipasi sangat besar, yakni lebih dari 25 pembalap menggunakan mobil jenama tersebut. Hal itu pula yang membuat pihaknya menjadi mitra teknis dari acara ini.

“Untuk itu kami bekerja sama dengan penyelenggara acara komunitas JDM Run untuk menjadi mitra teknis pada gelaran Time Attack Terbesar di Indonesia ini. Kami juga cukup senang dengan hasil yang diperoleh salah satu pemilik Subaru BRZ yang mencatatkan waktu yang cukup kompetitif dengan mesin 2,4L N/A yang membukukan laptime 1:59”,” kata Arie seperti dikutip dari keterangan resmi tertulis yang diterima pewarta, Rabu.

Pada ajang ini, masing-masing peserta dikelompokkan berdasarkan tingkat pengalaman dalam berkendara dan jenis kendaraan yang digunakan. Peserta dibagi dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan pengalaman, yaitu Non-Experienced, Experienced, dan Pro.

Sementara untuk kendaraan akan dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Standard Class, Street Class, dan Race Class. Dengan pembagian ini, setiap peserta akan memiliki kesempatan untuk bersaing dalam kelompok yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga menciptakan kompetisi yang adil.

Format Time Attack disusun sedemikian rupa sehingga ramah bagi peserta yang belum memiliki pengalaman balap mobil. Meski demikian, formatnya tetap menantang bagi peserta yang sudah berpengalaman. “Melalui pembagian kelas tersebut, setiap peserta diharapkan dapat merasakan keseruan yang sama walau kemampuan berkendara maupun spesifikasi kendaraan mereka berbeda-beda, karena pada hakikatnya masing-masing peserta akan berjuang untuk menorehkan catatan waktu terbaik mereka sendiri (Personal Best Lap). Saya yakin acara ini juga akan berdampak positif terhadap sport tourism di Lombok,” kata Ketua Pelaksana JDM Funday Mandalika 2024, Yahya Adi Nugroho.

Acara JDM Run Mandalika Time Attack 2024 merupakan acara yang hampir dilaksanakan tiap tahun oleh komunitas penggemar mobil JDM bernama JDM Run. Pada ajang tahun ini waktu tercepat dibukukan kendaraan 3,8L V6 Twin-Turbo dengan catatan waktu 1:42.

Baca juga: Sirkuit Mandalika siap selenggarakan JDM Funday 2024
Baca juga: JDM Funday Mandalika beri publik kesempatan rasakan pengalaman balap

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024