Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Jember menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan tri dharma perguruan tinggi khususnya pendidikan kesehatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Muhammad Ruslin MKes PhD Sp.BM dalam keterangannya di Makassar, Rabu, mengatakan kunjungan delegasi Universitas Jember tersebut bukan hanya untuk membangun hubungan kekeluargaan yang baik, tetapi juga kolaborasi dalam mendorong peningkatan tri dharma perguruan tinggi.

Prof Ruslin menambahkan bahwa secara umum penandatangan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antarkedua universitas dalam berbagai aspek tri dharma perguruan tinggi, dengan harapan menjadi media saling mendukung dalam upaya peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi Indonesia.

“Secara umum hubungan Unhas dan Universitas Jember sudah lama terjalin dengan baik. Kerja sama yang akan kita lakukan harus ada dampak yang bisa segera diperlihatkan. Melalui kerja sama yang kuat, kita menyakini program strategis yang akan dilakukan akan berjalan dengan baik,” katanya.

Baca juga: RSGMP Unhas dan BBPK Makassar kerja sama tingkatkan kualitas pelayanan

Prof Ruslin juga memberikan gambaran umum tentang upaya peningkatan kualitas yang terus dilakukan oleh Unhas dalam berbagai aspek.

Dia mengatakan, Unhas terus melakukan pembenahan. Saat ini jumlah prodi kurang lebih 240 dari berbagai jenjang. Ia mengharapkan melalui kolaborasi ini Unhas maupun Universitas Jember bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, WR II Universitas Jember Prof Dr drg Sri Hernawati M.Kes, mengatakan, sebagai perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU), Universitas Jember ingin memperoleh saran dan masukan dari Unhas yang lebih awal berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Kami mau belajar dari Unhas, kami ini masih berkembang, termasuk Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Jember ini masih BLU, masih proses transformasi PTNBH," ujarnya.

Baca juga: Unhas dan YAD kerja sama penelitian arkeologi dan pelestarian situs

Prof Hernawati menambahkan, kerja sama ini merupakan langkah penting dalam mengakselerasi pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antarperguruan tinggi dalam menghadapi tantangan global dan meningkatkan daya saing bangsa.

"Kami senang sejauh ini Unhas khususnya FKG sangat membuka jalan kolaborasi dengan kami. Kami merasa senang akan hal itu, karena banyak hal yang dapat kami pelajari,” katanya.

Selain MoU antara Unhas dan Universitas Jember, juga dilakukan penandatangan kerja sama antara Dekan FKG dan RSGMP Unhas bersama Dekan Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGM Universitas Jember sebagai implementasi dari MoU yang telah dilakukan.

Baca juga: Unhas-Unesa perkuat strategi pencapain IKU PTNBH

"Melalui kerja sama ini diharapkan akan membawa dampak positif tidak hanya bagi kedua institusi, tetapi juga bagi masyarakat luas. Melalui kolaborasi yang berkelanjutan, Unhas dan Universitas Jember berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada pembangunan bangsa," tuturnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024