Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto berharap dapat menyelenggarakan turnamen catur kelas dunia sebanyak dua kali dalam satu tahun kalender.

PB Percasi sukses menyelenggarakan turnamen kelas dunia, Pertamina Indonesian Tournament 2024 yang yang berlangsung mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Jakarta.

"Kalau rencana sih ada ya (Pertamina Indonesian Tournament jadi turnamen tahunan), mudah-mudahan setahun kita bisa menyelenggarakan dua kali. Ini saya juga berterima kasih dibantu oleh Pertamina dan Bank Mandiri," kata Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto kepada pewarta, Selasa.

"Kami memang selalu ketika membuat kegiatan berasumsi bahwa tidak ada yang membantu (sponsor dan pendanaan). Jadi kalau ada yang membantu kami tambah ringan (menyelenggarakan turnamen)," tambahnya.

Selain sukses sebagai penyelenggara turnamen yang diikuti oleh delapan negara tersebut, PB Percasi juga sukses membawa atlet-atletnya memborong gelar juara pada kejuaraan yang mempertandingkan dua kategori Grand Master dan International Master tersebut.

Baca juga: Indonesia borong dua gelar juara Pertamina Indonesian Tournament 2024

Di kategori GM turnamen, kontingen Indonesia menempatkan dua pecatur yang memperoleh gelar juara pertama dan kedua. Gelar juara pertama diraih oleh IM Aditya Bagus Arfan (2407 Elo rating) sedangkan gelar juara kedua ditempati oleh GM Novendra Priasmoro (2494 Elo rating) lalu kontingen Australia, GM Temur Kuybokarov (2600 Elo rating) meraih gelar juara ketiga.

Sementara untuk kategori IM turnamen, kontingen Indonesia juga memborong gelar juara pertama dan kedua. Untuk juara pertama disabet oleh FM Arif Abdul Hafiz (2311 Elo rating) lalu juara kedua dikunci oleh IM Farid Firman Syah (2392 Elo rating) sedangkan juara ketiga diraih oleh kontingen Mongolia, FM Khuyagtsogt Itgelt (2408 Elo rating).

Utut mengatakan dalam waktu dekat PB Percasi akan mempersiapkan atlet-atletnya untuk bersaing di kejuaraan ASEAN Age Group yang berlangsung di Laos. Setelah itu, PB Percasi akan mengirimkan kontingennya di Olimpiade Catur yang berlangsung di Budapets, Hungaria pada 10 September mendatang.

"Dalam waktu dekat kami harus kirim tim ke ASEAN Age Group di Laos, itu kejuaraan kelompok umur ASEAN di Laos. Kami juga harus kirim tim ke Olimpiade (45th Chess Olympiad) di Budapest. Kemudian kami bikin Kejurnas Catur Junior," ujar Utut.

Baca juga: Utut harapkan lahir GM baru dari Pertamina Indonesian Tournament

Dilansir dari keterangan resmi PB Percasi, berikut hasil Pertamina Indonesian Tournament 2024:

Kategori GM:
1. IM Aditya Bagus Arfan - 8,5 poin
2. GM Novendra Priasmoro - 7,5 poin
3. GM Temur Kuybokarov - 7 poin
4. GM Susanto Megaranto - 6,5 poin
5. IM Gilbert Elroy Tarigan - 6 poin
6. IM Uurtsaikh Agibileg - 5,5 poin
7. IM Xiangyi Liu - 5 poin
8. IM Medina Warda Aulia - 5 poin
9. IM Yoseph Theolifus Taher - 4,5 poin
10. GM Eugenio Torre - 4,5 poin
11. IM Azarya Jodi Setyaki - 3,5 poin
12. GM Thien Hai Dao - 2,5 poin

Kategori IM:
1. FM Arif Abdul Hafiz - 8 poin
2. IM Farid Firman Syah - 8 poin
3. FM Khuyagtsogt Itgelt - 7 poin
4. IM Mohamad Ervan - 7 poin
5. FM Surya Wahyudi - 6 poin
6. IM Jan Emmanuel Garcia - 6 poin
7. FM Muhamad Agus Kurniawan - 5,5 poin
8. FM Cecep Kosasih - 5,5 poin
9. WGM Nguyen Thi Mai Hung - 5 poin
10. IM Zaw Htun Wynn - 4 poin
11. WIM Ummi Fisabilillah - 3 poin
12. FM Peter Long - 1 poin
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024