Kita hanya membutuhkan mesin untuk mengolah kompos sehingga kualitas pupuk jadi lebih baik. Bentuk kelompok, SPR, menambah populasi ayam sehingga menghasilkan telur yang berkualitas
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan bantuan ternak ayam kelompok usaha bersama (KUB) paket 1 sebanyak 25.000 ekor untuk 50 kelompok, pakan serta obat-obatan dan vitamin dengan total Rp4,36 miliar di Kelompok Tani SPR Rukun Basamo, Kecamatan Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat.
 
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Simpang Empat, Rabu, mengatakan Pemprov Sumbar sangat konsen dengan pengembangan pertanian dan peternakan.
 
Sebab, katanya, pertanian dan peternakan merupakan suatu siklus yang berkaitan. Apalagi, kebutuhan harian hasil pertanian dan peternakan sangat tinggi.
 
Ia mengimbau masyarakat Pasaman Barat agar beternak ayam sehingga berdampak pada hasil telur yang berkualitas.
 
"Segala sesuatu memiliki manfaat. Contoh limbah organik yang dimanfaatkan seperti limbah kelapa muda menjadi pakan," ujarnya.
 
Menurut dia, dengan beternak ayam diharapkan dapat membantu masyarakat menekan stunting dengan mengkonsumsi makanan tambahan yaitu telur.
 
"Kita hanya membutuhkan mesin untuk mengolah kompos sehingga kualitas pupuk jadi lebih baik. Bentuk kelompok, SPR, menambah populasi ayam sehingga menghasilkan telur yang berkualitas," ujarnya.
 
Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah memberikan perhatian yang besar pada Pasaman Barat.
 
Pihaknya terus mendorong Badan Usaha Nagari (Bumnag) agar masyarakat memperluas peternakan, khususnya ayam hingga kebutuhan ayam dan telur terpenuhi.
 
"Kita pernah kalkulasi kebutuhan pupuk sangatlah besar, kebutuhan ayam dan kebutuhan telur ayam sangat tinggi. Melalui camat, perangkat nagari atau desa hingga Bamus mari bentuk kelompok tani dan ternak dengan membuat administrasi yang baik," ujarnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Sukarli menyebutkan bahwa tahun ini Pemprov Sumbar memberikan alokasi untuk 23 kelompok ayam paket 1 di Pasaman Barat. Sudah didistribusi sebanyak 11 kelompok.
 
Paket ternak kambing tiga kelompok, itik tiga kelompok, puyuh satu kelompok dan sapi akan disalurkan pada tahun depan.

Baca juga: Pemprov Sumbar hentikan operasional tiga perusahan tambang
Baca juga: Pemprov Sumbar bangun cekdam antisipasi banjir lahar dingin Marapi
Baca juga: Pemprov Sumbar siapkan kebijakan antisipasi inflasi jelang Ramadhan

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024