Haikou, China (ANTARA) - Para personel badan keamanan laut China dan Vietnam telah menyelesaikan patroli bersama mereka yang pertama kali untuk 2024 di Teluk Beibu.

Kegiatan itu merupakan patroli bersama ke-27 yang dilaksanakan kedua negara sejak 2006, menurut sebuah pernyataan resmi, Selasa (30/4).

Penjaga pantai China dan Vietnam melakukan patroli gabungan di Teluk Beibu dua kali dalam setahun, menciptakan model penegakan hukum maritim di Laut China Selatan, menurut pernyataan itu.

Patroli gabungan selama tiga hari itu berakhir pada Senin (29/4).

Kapal-kapal penjaga pantai China dan Vietnam mengamati serta memeriksa kapal penangkap ikan dari kedua negara sembari berpatroli di sepanjang rute yang telah direncanakan di perairan tersebut.

Patroli gabungan tersebut telah berkontribusi dalam melindungi sumber daya perikanan di Teluk Beibu, menjaga tatanan produksi perikanan, menindak kejahatan maritim, serta menjaga keamanan dan stabilitas regional, papar pernyataan itu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Pasukan Penjaga Pantai China akan terus meningkatkan pertukaran dan kerja sama praktis dengan pihak Vietnam dalam menangani keadaan darurat maritim dengan baik serta bersama-sama menjaga keamanan dan stabilitas maritim.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024