Kalau mereka punya sertifikat pasti diakui
Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyampaikan sertifikasi yang dimiliki oleh pekerja menjadikan upah yang diperoleh menjadi lebih tinggi.
 
Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto di Jakarta, Rabu mengatakan dengan memiliki sertifikasi kompetensi bidang yang ditekuni, para pekerja secara definitif diakui keahlian dan keterampilannya.
 
Sehingga hal itu bisa membuka peluang mendapat upah tinggi, serta bisa untuk mengikuti kontestasi keahlian di level internal perusahaan, nasional atau bahkan internasional.

"Kalau mereka punya sertifikat pasti diakui kan. Sertifikat itu bisa kita bawa keluar. Di samping itu juga kan bisa skill contest, baik di internal, nasional maupun di Asia Pasifik. Itu kan punya nilai lebih sebenarnya," kata dia.
 
Ia menyampaikan, untuk mendukung hal tersebut pihaknya sudah bekerja sama dengan lembaga terkait untuk pemenuhan nilai daya saing karyawan.
 
Selain itu salah satu contoh nyata yang dilakukan oleh TMMIN yakni dengan mengadakan sekolah vokasi selama enam bulan untuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK).
 
"Jadi kalau kita lihat, yang punya sertifikat itu 95 persen terserap dan diakui yang menerima. Soft skill juga ada kayak bahasa Inggris. itu biasanya dibekali untuk keluar," katanya.
 
Sebelumnya, Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bob Azam mengatakan produktivitas yang dihasilkan oleh pekerja selaras dengan kesejahteraan yang diberikan oleh perusahaan.
 
"Memang itu hubungan lurus antara proses produktivitas dengan kesejahteraan. Karena kenaikan kesejahteraan tanpa produktivitas, usahanya nanti akan bangkrut. Tapi sebaliknya, kita juga tak mungkin meningkatkan kinerja, atau performa kita tanpa memikirkan buruh. Jadi memang ini dua-duanya harus saling mengisi," kata dia di Jakarta, Rabu.
 
Menurut dia, momen hari buruh sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Mei bisa menjadi momentum untuk perusahaan di tanah air turut berkontribusi meningkatkan keahlian pekerjanya, sehingga bisa berdampak langsung pada produktivitas yang dihasilkan.

Baca juga: Apindo: Produktivitas pekerja selaras dengan kesejahteraan
Baca juga: DPR: Perlindungan ketenagakerjaan harus diberikan pada semua pekerja
Baca juga: Lima pekerja migran Indonesia dapat penghargaan di Taiwan

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024