Tapi jangan buat yang aneh-aneh, pinjam buat usaha, jangan buat untuk yang aneh-aneh
Banyuwangi (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap adanya sertifikat tanah yang diserahkan di Banyuwangi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Nanti tanah bapak/ibu bisa naik harganya insya Allah kalau sudah jelas sertifikatnya," kata AHY saat menyapa ribuan warga Banyuwangi dalam Penyerahan Sertifikat Tanah untuk rakyat Jawa Timur di GOR Tawang Alun Banyuwangi, Selasa.

Meski begitu, AHY mengimbau jika ada masyarakat yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya, agar digunakan untuk keperluan yang penting utamanya dalam mendukung permodalan usaha.

"Ada yang punya usaha? Ada yang punya warung? Pelaku UMKM? Siapa tahu kalau butuh modal usaha, ini (sertifikat tanah) bisa dijaminkan, kalau butuh. Tapi jangan buat yang aneh-aneh, pinjam buat usaha, jangan buat untuk yang aneh-aneh," ucap AHY.

AHY juga menyampaikan dengan adanya sertifikat tanah maka masyarakat mempunyai kepastian hukum terhadap tanahnya sehingga tidak bisa diserobot oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: AHY siap dampingi Presiden serahkan sertifikat tanah di Banyuwangi

Baca juga: Presiden Jokowi bakal serahkan 10.323 sertifikat tanah di Banyuwangi


"Mudah-mudahan dengan sertifikat ini bapak ibu akan memiliki kepastian hukum, kepastian hukum hak atas tanah yang bapak/ibu tinggali," ucap AHY.

Ia juga mengimbau masyarakat agar  tidak sembarangan memberikan sertifikat tanah yang diterima kepada orang lain demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jangan dipinjam-pinjamkan ke yang tidak berkepentingan, apalagi ke pihak yang tidak bertanggung jawab, hati-hati sekarang banyak mafia tanah, jangan sampai tanah kita dirampas, tiba-tiba diserobot," tutur AHY.

AHY diagendakan mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan penyerahan sebanyak 10.323 sertifikat tanah elektronik hasil redistribusi tanah di Kabupaten Banyuwangi.

"Kita masih menunggu kedatangan Bapak Presiden Joko Widodo yang insya Allah nanti secara langsung menyerahkan sertifikat tanah untuk bapak/ibu sekalian, ini adalah sesuatu yang patut kita syukuri," kata AHY.

Baca juga: AHY: 111,8 juta tanah telah bersertifikat lewat PTSL secara nasional

Baca juga: Menteri AHY pastikan sistem keamanan sertifikat tanah elektronik baik

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024