Biak (ANTARA) - Pengurus daerah Papua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) optimistis enam atlet selam memperoleh medali emas Pekan Olahraga Nasional XXI (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Ada enam atlet selam Papua untuk kelas kolam dan laut telah melakukan pemusatan latihan di Jakarta dan Jayapura untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut," kata Ketua Pengda POSSI Papua John H.Mampioper di Biak pada Senin.

Ia mengungkapkan sudah menyiapkan tiga atlet selam kolam dengan persiapan di Jakarta.

Sedangkan untuk nomor lomba orientasi bawah laut (OBA), menurut John, ada lima atlet melakukan pemusatan latihan di Kota Jayapura.

John mengatakan, setelah sekitar Agustus 2024 atlet selam Papua untuk kolam dan laut siap digeser venue selam ke Pulau Sabang di Aceh.

"Ya sebelum bertanding di ajang PON XXI atlet selam Papua untuk merampungkan persiapan bertanding di venue pertandingan pulau Sabang Aceh," ujar John.

Mengenai persaingan dalam nomor selam laut, John menyebut DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur  yang melakukan persiapan hingga di luar negeri sebagai pesaing terkuat.

Untuk atlet selam kolam, karena keterbatasan dana, hanya bisa melakukan pemusatan latihan di Jakarta dan Jayapura.

"Apalagi di PON XXI POSSI Papua akan mengandalkan enam atlet muda, salah satunya atlet putri asal Biak Keisya Mampioper (15) yang ditargetkan meraih medali emas," katanya.
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024