Beijing (ANTARA) - Kampanye antiperundungan nasional akan diluncurkan di China di tengah peningkatan upaya untuk memastikan keselamatan siswa di sekolah dasar, sekolah menengah, dan taman kanak-kanak, demikian disampaikan pihak berwenang.

Investigasi komprehensif yang berfokus pada kasus-kasus perundungan akan dilakukan di semua sekolah dasar dan menengah, menurut pertemuan gabungan antara Kementerian Pendidikan China, Kementerian Keamanan Publik China, bersama administrasi pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Pertemuan tersebut menekankan pentingnya memberikan edukasi mengenai aturan hukum kepada para guru, siswa, dan orang tua, di samping upaya untuk meningkatkan sistem akuntabilitas.

Pertemuan itu juga menyoroti perlunya meningkatkan pemantauan kesehatan mental di kalangan siswa, menyerukan pengambilan langkah yang solid untuk meringankan beban pekerjaan rumah yang berlebihan dan bimbingan belajar di luar sekolah bagi siswa yang menjalankan program wajib belajar.

Berbagai upaya akan dilakukan untuk menyempurnakan langkah-langkah keamanan, terutama di sekolah-sekolah pedesaan dan asrama, dengan berbagai tindakan diambil untuk memastikan keamanan bangunan sekolah, pencegahan kebakaran, dan keamanan makanan, menurut pertemuan itu.

Disebutkan pula bahwa kampanye khusus mengenai pencegahan insiden tenggelam juga akan diluncurkan, dengan fokus pada pengelolaan wilayah perairan dan menyediakan kelas berenang, serta pelatihan untuk penyelamatan diri dan penyelamatan bersama. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024