Bendungan Tiu Suntuk merupakan satu dari enam bendungan yang selesai dikerjakan Kementerian PUPR pada 2023.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia mengatakan bahwa Bendungan Tiu Suntuk di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat,  siap diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (2/5).

Bendungan Tiu Suntuk merupakan satu dari enam bendungan yang selesai dikerjakan Kementerian PUPR pada 2023.

Pembangunan Bendungan Tiu Suntuk yang menelan anggaran sekitar Rp1,2 triliun, dikerjakan pada 2020--2023. Bendungan yang masuk dalam proyek strategis nasional ini memiliki kapasitas tampung air 55,90 juta meter kubik dan luas genangan 312,09 hektare.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau pembangunan Bendungan Bulango Ulu

Bendungan Tiu Suntuk mampu menyuplai air baku sebesar 68 liter per detik dan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 1.900 hektare, yang mencakup wilayah Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene.

Menurut Kementerian PUPR, kedua kecamatan tersebut memiliki lahan areal pertanian yang cukup luas, tetapi sebagian besar lahannya sudah mengalami penurunan kinerja karena kekurangan suplai air.

Selain Bendungan Tiu Suntuk, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan lima bendungan lainnya pada 2023.

Lima bendungan itu adalah Bendungan Cipanas di Jawa Barat, Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Karian di Banten, Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara, dan Bendungan Lolak di Sulawesi Utara.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan 61 bendungan bisa selesai terbangun Oktober

Secara keseluruhan, Bob menyebut pemerintah telah menuntaskan pembangunan 43 bendungan dari target 61 bendungan, sedangkan 18 lainnya masih dalam tahap penyelesaian dan ditargetkan rampung pada sisa pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang akan berakhir Oktober 2024.

Ke-18 bendungan yang ditargetkan selesai tahun ini, antara lain Bendungan Kareuto dan Bendungan Rukoh di Aceh, Bendungan Lausimeme di Sumatera Utara, Bendungan Tigadihaji di Sumatera Selatan, Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat.

Kemudian, apa pula Bendungan Sidan di Bali, Bendungan Bagong di Jawa Timur, Bendungan Meninting di Nusa Tenggara Barat, dan Bendungan Budong-Budong di Sulawesi Barat.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024