Jakarta (ANTARA) - Setelah dirilis di App Store untuk iPhone beberapa minggu lalu, emulator Nintendo populer Delta akan hadir untuk versi iPad yang memungkinkan penggunanya memainkan gim-gim dari konsol Nintendo.

Pengembang Delta, Riley Testut membagikan kabar tersebut di media sosial Threads pada Minggu (28/4). Dalam unggahannya, dia mengungkapkan aplikasi Delta untuk iPad dalam pengerjaan dan sedang diprioritaskan sejak Apple melonggarkan aturan tentang emulator gim di App Store.

Delta rencananya akan tersedia bagi pelanggan Patreon Testut di AltStore, platform toko aplikasi alternatif yang menyediakan beragam aplikasi iOS dan iPadOS. Pengguna juga bisa menunggu lebih lama untuk mengunduh Delta yang telah mendapatkan pembaruan besar yakni versi 1,6.

Baca juga: Apple izinkan aplikasi emulator gim tersedia di App Store

Baca juga: Nintendo tutup server online di konsol Wii U dan 3DS


Dalam unggahan itu Testut juga sedikit membocorkan bagaimana emulator Delta bekerja di iPad. Testut menyebutkan progres pengerjaan yang disebut hampir selesai dimana timnya masih mengerjakan tahap akhir bagian controller dan memperbaiki beberapa bug terakhir.

Menurut laporan Engadget, Delta dikembangkan sebagai penerus dari GBA4iOS, yakni emulator Game Boy Advance (GBA) yang besutan Testut. Selain GBA, Delta juga mendukung beberapa konsol Nintendo lainnya seperti NES, SNES, N64, dan DS.

Selain emulator Nintendo, Testut mengatakan bahwa timnya juga akan menghadirkan emulator SEGA Genesis. Emulator tersebut masih dalam versi beta dan akan dirilis dalam waktu dekat.

Baca juga: Twitch "mengakhiri dukungan" untuk aplikasi Nintendo Switch

Baca juga: Survei: Mayoritas game klasik nyaris punah

Baca juga: Peluncuran konsol baru Nintendo dilaporkan diundur

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024