Stan UMKM gratis tidak dipungut biaya, jika ada yang meminta bayar laporkan ke saya
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyediakan 150 stan gratis bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI) digelar pada 3-5 Mei 2024 di Kota Pekanbaru sekaligus upaya mempercepat pemulihan ekonomi daerah itu.

Gernas BBI juga dirangkaikan dengan Gernas Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Lancang Kuning Carnival, digelar dalam periode yang sama di lokasi yang sama yakni di halaman kantor gubernur Riau.

"Stan UMKM gratis tidak dipungut biaya, jika ada yang meminta bayar laporkan ke saya, sebab stan ini sebagai bentuk dukungan untuk UMKM dan ekonomi kreatif bisa mempromosikan produk usaha mereka," kata Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto kepada wartawan di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan yang sama digelar kembali untuk meniru sukses Gernas BBI dan BBWI pada 2023 dan Riau peringkat terbaik dengan nilai transaksi BBI dan BBWI mencapai Rp63 miliar.

Pada 2024 kata SF Hariyanto lagi, Riau kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan Gebyar Gernas BBI dan BBWI dan kegiatan ini juga berkolaborasi dengan agenda besar Lancang Kuning Carnival.

"Lancang Kuning Carnival adalah sebuah festival berbasis fashion carnival yang dimeriahkan juga dengan hiburan, musik, tari dan pameran ekraf," katanya.

Dalam Lancang Kuning Carnival ini katanya lagi, Provinsi Riau akan menampilkan tarian rentak melayu oleh 10.000 penari dari SMA se-Pekanbaru dan para pegawai di lingkungan Provinsi Riau. Persembahan ini juga akan mencatat Rekor MURI sebagai penari rentak melayu terbanyak.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan tahun 2024, pihaknya meluncurkan 127 agenda wisata dan sejumlah persiapan sudah matang untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI dengan 57 agenda kegiatan periode Januari-Juni 2024 dengan target perputaran uang mencapai Rp1,5 miliar termasuk sumbangan dari perjalanan wisata domestik.

Lancang Kuning Carnival bakal menyajikan berbagai hiburan, yakni musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif atau ekraf. Pada carnival event menampilkan, pawai budaya, artware carnival, Riau Community carnival, Pesona Wastra Nusantara, Historical, Ultra Glam, dan beyond culture, lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle.

Gernas ini juga menampilkan tari massal (10.000) peserta, penampilan seni, car free day, mini stage dan fun market.

"Pada pembukaan resmi dijadwalkan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan dan Menko Marves. Kami menyiapkan 42 grup musik lokal nasional dan sejumlah artis ibukota Jakarta seperti Gigi Band, Virgoun, dan Fourtwenty. Kehadiran mereka akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk meramaikan Gernas BBI dan BBWI 2024," katanya.  

Baca juga: Kemendag relaksasi lartas suku cadang pesawat guna dukung BBWI
Baca juga: Pemprov Sulteng siap sukseskan Gernas BBI/PDN dan BBWI 2024

Pewarta: Frislidia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024