Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama meraih poin perdananya di Red Bull Rookies Cup 2024 setelah finis di posisi ke-11 pada race 2 seri pembuka di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu.

Setelah terjatuh dua kali dan gagal finis pada balapan debutnya di race 1, (27/4), Veda yang memulai balapan dari P4, memulai race 2 dengan lebih baik.

Dilansir dari laman resmi Red Bull Rookies Cup, Minggu, pembalap 15 tahun itu mengatakan kegagalannya di race 1 adalah karena beberapa tikungan di sirkuit dengan panjang 4,4 kilometer itu licin karena belum sepenuhnya kering.

“Bukan balapan yang bagus, menurut saya sial. Beberapa tikungan licin dan ketika saya melebar saya terjatuh, sial bagi saya,” kata Veda.

Pembalap asal Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu berharap pada race 2 balapan digelar dengan lintasan yang sepenuhnya kering agar ia dapat menampilkan penampilan terbaiknya.

Dan pada Minggu sore WIB, race 2 di Sirkuit Jerez digelar dengan cuaca cerah, dengan Veda yang langsung menyodok ke posisi kedua saat balapan dengan 14 lap itu dimulai sebelum terlempar hingga posisi kedelapan.

Pada lap kedua, ia bersaing ketat dengan pembalap Spanyol Brian Uriarte untuk memperebutkan posisi delapan.

Veda sempat memenangi posisi delapan dari Uriarte, tetapi setelahnya ia melakukan kesalahan yang membuatnya turun ke posisi 14, sebelum kemudian naik satu tingkat ke posisi 13 sebelum memasuki lap ketiga.

Memasuki lap keempat, ia menyalip dua pembalap di depannya untuk mengamankan posisi 11 dan mengejar rombongan 10 pembalap di depannya yang sudah cukup jauh.

Pada lap ke-11, sang juara Asia Talent Cup (ATC) 2023 dengan rekor poin dan kemenangan terbanyak itu mendapatkan gangguan dari pembalap asal Italia Leonardo Zanni.

Namun, sampai menyentuh garis finis, posisi 11 masih berhasil ia amankan untuk memetik poin perdananya dengan perolehan 5 poin pada kompetisi balap Eropa yang melahirkan pembalap-pembalap level dunia di kelas balap motor tertinggi MotoGP seperti Johann Zarco, Brad Binder, Enea Bastianini, Pedro Acosta hingga Jorge Martin ini.


Baca juga: Veda Ega dua kali terjatuh pada debutnya di Red Bull Rookies Cup

Pembalap tuan rumah Alvaro Carpe menjadi juara pada race 2 ini dengan unggul tipis 0,006 detik dari pembalap Malaysia Hakim Danish yang finis di posisi kedua.

Uriarte yang sempat berduel dengan Veda melengkapi podium di posisi ketiga.

Setelah seri pembuka Red Bull Rookies Cup di Sirkuit Jerez selesai digelar, Alvaro Carpe menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 38 poin.

Posisi pembalap tuan rumah diikuti oleh duo pembalap Argentina di posisi kedua dan ketiga, Marco Morelli dengan 35 poin dan Valentin Perrone dengan 29 poin.

Sementara untuk Veda, raihan 5 poinnya di race 2 ini menempatkan dirinya di posisi ke-15 klasemen sementara.

Seri kedua Red Bull Rookies Cup akan digelar dua pekan mendatang, tepatnya pada 11-12 Mei di Sirkuit Le Mans, Prancis. Seri ini digelar bertepatan dengan seri kelima MotoGP 2024 di tempat yang sama.


Baca juga: Veda Ega naik kelas ke balapan Eropa dengan ikuti Red Bull Rookies Cup

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024