Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janji mengirim satu mobil listrik sebagai kado untuk pelajar di sekolah terdampak gempa bumi, SMK Negeri SMKN 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, agar bisa dimanfaatkan sebagai objek pembelajaran praktik.

Dilansir dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang terbit di Jakarta, Jumat, janji tersebut sebelumnya disampaikan Presiden di hadapan kepala sekolah, guru, serta para siswa dalam kunjungan kerjanya ke sekolah yang terdampak gempa bumi Mamuju 2021 itu, pada Selasa (23/4).

"Tadi ada permintaan, karena di tempat praktik yang ada hanya mobil combustion, mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik, sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai,” ujar Presiden disambut riuh tepuk tangan para siswa dan guru.  

Sesuai janji Presiden Jokowi pada siang itu, satu unit mobil listrik langsung dikirim dari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dan tiba sehari setelahnya. Mobil berteknologi ramah lingkungan itu diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Rangas, Mahmud.

Kepala SMKN 1 Rangas pun berbagi rasa syukur atas bantuan itu sebagai simbol dari peran besar pemerintah dalam memajukan pendidikan vokasi dan teknologi di Indonesia.

“Alhamdulillah, setelah kunjungan Bapak Presiden Republik Indonesia, beliau memberikan bantuan berupa satu unit mobil listrik yang insya Allah ke depannya akan digunakan siswa-siswa kita untuk praktik," ujar Mahmud.

Selama ini sekolah yang ia pimpin telah memiliki beberapa peralatan untuk praktik belajar para siswa. Tapi, untuk mobil, para siswa terbatas hanya belajar mobil berteknologi transmisi manual.

Ia mengatakan inisiatif itu tidak hanya membuka jendela teknologi baru bagi siswa SMKN 1 Rangas, tapi juga menunjukkan pentingnya pendidikan yang responsif terhadap perkembangan zaman.

Dengan hadiah mobil listrik ini, kata Mahmud, sekolah yang didirikan sejak 1998 dan terdampak gempa bumi Mamuju pada 2021 itu kini menjadi bagian dari sekolah-sekolah di Indonesia yang siap menghadapi era baru transportasi yang berkelanjutan.

Sejumlah siswa SMKN 1 Rangas mengungkapkan kegembiraan mereka. Salah satunya, Fadli, yang belum pernah melihat mobil listrik sebelumnya, merasa bahagia dan terinspirasi.

"Ini menambah wawasan kami. Sebelumnya kami hanya praktik dengan mobil manual," katanya.

Arisa, pelajar lain dari SMKN 1 Rangas, mengucapkan terima kasih kepada Presiden. "Mobil ini sangat berguna bagi kami karena untuk meningkatkan kemampuan kami untuk masa depan nanti karena kemungkinan mobil listrik akan banyak digunakan oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi soroti alkes super canggih tak diimbangi ruang memadai

Baca juga: Presiden resmikan 147 infrastruktur rekonstruksi pascagempa Sulbar

Baca juga: Jokowi minta AHY selesaikan 2.086 hektare lahan bermasalah di IKN

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024