Salah satu perilaku yang sulit diubah tersebut ialah budaya makan masyarakat Indonesia yang masih kurang peduli dan terbuka terhadap kandungan gizi
Jakarta (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menilai perubahan perilaku masih menjadi tantangan terbesar dalam menurunkan tingginya angka stunting di Indonesia.
 
Ketua BKKBN Hasto Wardoyo menerangkan salah satu perilaku yang sulit diubah tersebut ialah budaya makan masyarakat Indonesia yang masih kurang peduli dan terbuka terhadap kandungan gizi dalam makanan, khususnya jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
“Menurut saya, tantangan terbesar adalah pada perubahan perilaku. Misalnya budaya makan, kalau kita itu budaya makannya agak menutup-menutupi, kalau bisa memalsu-malsukan sedikit lah. Jadi perilaku, budaya makan kita kurang mendukung juga,” kata Hasto usai Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Rabu.
 
Sebagai contoh, ia menyebutkan tidak sedikit orang tua yang memberikan anak-anak jajanan, seperti cilok yang hanya mengandung perisa ikan dan sarat akan karbohidrat maupun garam, serta tidak benar-benar mengandung protein hewani.

Baca juga: BKKBN bekali TPK pembelajaran berbasis masalah untuk ukur balita
 
Selain budaya makan, ia juga menyebutkan perilaku lain yang sulit diubah ialah masalah reproduksi sebab masih banyak keluarga yang enggan ikut serta dalam program Keluarga Berencana (KB) serta peduli terhadap kesehatan reproduksi. Alhasil, sangat mendukung terjadinya unwanted pregnancy serta pernikahan dini.
 
Di samping itu, sulitnya mengubah perilaku sanitasi masyarakat juga menjadi tantangan lain yang menyebabkan masih tingginya angka stunting di Indonesia.
 
Pihaknya menilai banyak masyarakat yang belum menggunakan MCK Standar Nasional sehingga masih mengandalkan bangunan bilik-bilik sederhana di pinggir sungai untuk kegiatan MCK. Sebagai akibatnya, air sungai yang dikonsumsi masyarakat sekitar menjadi tercemar, bahkan tidak layak konsumsi hingga membawa masalah kesehatan serius, mulai dari diare hingga TBC.
 
Oleh karena itu, pihaknya terus menggencarkan edukasi dan advokasi guna mempengaruhi perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat sehingga dapat menurunkan angka stunting di Indonesia.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024