Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan perempuan pertama negeri itu yang menjadi penasehat perdana menteri, hanya beberapa minggu setelah Caroline Kennedy tiba sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Jepang yang pertama dari kalangan perempuan.

Makiko Yamada (53 tahun) akan menjadi penasehat bagi perdana menteri untuk kebijakan-kebijakan yang menyangkut perempuan, kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

"Pemerintah memandang promosi kaum perempuan dalam masyarakat sebagai salah satu dari pilar-pilar kunci bagi kebijakan propertumbuhan kita," kata Suga seperti dilaporkan AFP.

Penunjukan Yamada yang akan berbabung dengan enam penasehat PM sebelumnya yang semuanya pria, dilakukan setelah para ekonom seluruh dunia berulangkali mendesak Jepang memanfaatkan para perempuan ahli ekonominya untuk memacu pertumbuhan dan mengendurkan angka pengangguran.

Dari 19 menteri dalam kabinetnya, Abe hanya memiliki dua perempuan menteri, yaitu menteri urusan reformasi dan menteri urusan wanita.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013