Jakarta (ANTARA) - Agensi yang menaungi grup NewJeans, yakni ADOR menanggapi laporan tentang HYBE yang memulai audit terhadap manajemen mereka dengan memberikan pernyataan bahwa konsep grup rookie ILLIT telah meniru NewJeans.
 
Melansir dari Soompi, Senin (22/4) waktu Korea Selatan, HYBE telah melakukan audit terhadap manajemen ADOR, termasuk CEO Min Hee-jin pada Senin kemarin. Hal ini dilakukan setelah HYBE mendeteksi upaya ADOR untuk menjadi perusahaan independen (dan kemungkinan akan lepas dari HYBE).
 
Untuk mengatasi hal tersebut, HYBE dilaporkan telah mengadakan rapat dengan pemegang saham untuk meminta pertanggungjawaban manajemen ADOR, dan menunjuk direktur ADOR tambahan dari HYBE. Hal ini dilakukan karena kedua direktur ADOR yang saat ini menjabat (termasuk Min Hee-jin) sebelumnya berasal dari SM Entertainment.
 
Dilaporkan juga bahwa HYBE mengirimkan dokumen yang menyerukan pengunduran diri Min Hee-jin sebagai CEO ADOR.
 
Menanggapi laporan tersebut, HYBE secara singkat berkomentar, “Memang benar bahwa audit telah dimulai.”
Oleh karena itu, ADOR merilis pernyataan yang berkaitan dengan grup NewJeans dan ILLIT sebagai tanggapan atas laporan audit dari HYBE. ADOR mengklaim bahwa ILLIT telah menyalin konsep NewJeans untuk debut mereka.
 
“ADOR secara terbuka menangani insiden ILLIT menyalin NewJeans, untuk melindungi artis kami NewJeans dan untuk perkembangan industri musik dan budaya yang sehat di Korea,” tulis ADOR.
 
“HYBE mengoperasikan sistem multi-label untuk secara mandiri membuat musik mereka dan mengejar keragaman budaya. ADOR adalah salah satu label itu. Ironisnya, ADOR dan pencapaian budaya artis agensi kami NewJeans paling parah dilanggar oleh HYBE,” tulis mereka.
 
Menurut ADOR, BELIFT LAB (salah satu label di bawah naungan HYBE) memulai debut grup idola ILLIT pada Maret tahun ini dan menimbulkan kesalahpahaman terhadap masyarakat yang mengira ILLIT adalah NewJeans.

ADOR juga mengklaim bahwa ILLIT telah menyalin konsep NewJeans dalam semua aspek kegiatan hiburan, termasuk rambut, riasan, pakaian, koreografi, foto, video, dan penampilan acara.

“HYBE, perusahaan terkemuka di K-pop, dibutakan oleh keuntungan jangka pendek dan memproduksi secara massal ketidakaslian dengan menyalin konten budaya yang sukses tanpa ragu-ragu,” tulis ADOR.
 
ADOR juga menyebut bahwa NewJeans saat ini sedang mempersiapkan comeback di bulan Mei. Namun, permasalahan tersebut menimbulkan efek domino yang dikhawatirkan berdampak terhadap penggemar serta artis mereka.
 
“ADOR tidak pernah mengizinkan atau memberikan persetujuan kepada siapa pun, termasuk HYBE dan BELIFT LAB, untuk menyalin pencapaian NewJeans. ADOR tidak ingin NewJeans dan ILLIT dikaitkan dengan cara apa pun,” tulis ADOR.
 
ADOR telah secara resmi mengangkat masalah insiden penyalinan dan serangkaian perilaku yang diambil oleh HYBE terhadap NewJeans kepada pihak HYBE dan BELIFT LAB. Namun, ADOR menyebut bahwa HYBE dan BELIFT LAB tidak mengakui kesalahan mereka dan sibuk membuat alasan serta menunda jawaban konkret atas permasalahan ini.
 
“kami berharap HYBE dan BELIFT LAB akan menghadapi kesalahan mereka dan berkontribusi pada industri dan budaya musik Korea melalui kontemplasi dan penciptaan yang sungguh-sungguh sambil menghormati pencapaian budaya orang lain,” tutup ADOR.

Baca juga: Grup K-pop anyar Boynextdoor debut di bawah Hybe

Baca juga: NewJeans duduki peringkat tangga lagu di beberapa negara


Baca juga: Park Bo-gum bergabung dengan HYBE?

 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024