Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh Prof Marwan menyebutkan kualitas riset perguruan tinggi tersebut menjadi yang terbaik kelima secara nasional.

“Informasi menggembirakan ini berdasarkan publikasi salah satu lembaga pemeringkatan dunia yaitu Scimago Institutions Rankings tahun 2024 untuk kategori riset,” kata Prof Marwan di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Rektor: USK jadi kampus terbaik di Sumatera versi Webometrics

Ia menjelaskan dalam publikasi tersebut USK masuk dalam jajaran terbaik nasional untuk kategori riset bersama kampus terbaik lainnya di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Ia mengatakan pemeringkatan versi Scimago tersebut berdasarkan kombinasi tiga indikator yaitu performa riset, hasil inovasi, dan dampak sosial yang diukur berdasarkan visibilitas web.

Baca juga: Peneliti USK temukan bukti tsunami purba di pesisir Aceh Besar

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas keberhasilan USK meraih prestasi tersebut. Pencapaian ini menjadi motivasi USK untuk terus mengembangkan kualitas riset sehingga riset dan inovasi tersebut bisa memberikan manfaat yang luas,” katanya.

Rektor menilai hasil pemeringkatan Scimago akan menjadi perhatian USK, karena indikator penilaiannya sejalan dengan visi USK untuk terus meningkatkan kualitas risetnya selama ini.

“Capaian ini kian memotivasi USK untuk terus menciptakan iklim riset dan inovasi yang lebih baik sehingga hasil riset USK semakin luas manfaatnya bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga: Sebanyak 204 peneliti dunia bahas temuan di USK

Ia menambahkan bahwa kualitas riset USK telah diakui reputasinya secara global dan USK terus mengoptimalkan penelitinya untuk menghasilkan riset dan inovasi yang bermutu.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024