Pasca-erupsi Gunung Ruang, kondisi udara sangat buruk karena berdebu dan bisa mengakibatkan gangguan pernapasan
Manado (ANTARA) - Tim Dokkes Polda Sulawesi Utara (Sulut) membagikan masker di lokasi pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Jumat.

Dipimpin Kaur DVI Biddokkes Polda Sulut Diah Buana Damasari, tim membagikan masker kepada warga dan petugas yang melaksanakan kegiatan kemanusiaan.

"Pasca-erupsi Gunung Ruang, kondisi udara sangat buruk karena berdebu dan bisa mengakibatkan gangguan pernapasan," kata Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol Sucipto melalui Kaur DVI Diah Buana Damasari.

Baca juga: Bulog serahkan 800 kg cadangan beras, bantu korban erupsi Gunung Ruang

Tim Dokkes bersama instansi kesehatan terkait juga melaksanakan rapat koordinasi klaster kesehatan dipimpin Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Bersama kita akan mendata lokasi kantong-kantong pengungsian dan jumlah pengungsi, mendata tenaga kesehatan yang siap bekerja untuk penanganan pelayanan kesehatan pasca-bencana," lanjutnya.

Tim Biddokkes Polda Sulut juga sudah mulai melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis di wilayah kantong pengungsian Desa Mulengen.

Baca juga: Bandara Sam Ratulangi Sulut ditutup sementara pascaerupsi Gunung Ruang

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024