Jakarta (ANTARA) - Casper Ruud meraih kemenangan ke-26 yang memimpin tur musim ini dengan mencapai perempat final Barcelona Open, Kamis (18/4) waktu setempat.

Petenis peringkat enam dunia asal Norwegia itu mengalahkan petenis Australia Jordan Thompson 6-1, 6-4 untuk melampaui Jannik Sinner yang memegang catatan kemenangan pertandingan terbanyak pada 2024.

Ruud, runner-up Stefanos Tsitsipas di Monte Carlo Masters akhir pekan lalu, memimpin 5-0 atas Thompson.

Ia kemudian meraih break pada gim ketujuh set kedua sebelum meraih kemenangan hanya dalam waktu 73 menit.

Ruud selanjutnya akan menghadapi Matteo Arnaldi setelah petenis peringkat 40 dunia asal Italia itu mengalahkan petenis Argentina Marco Trungelliti 6-3, 6-0.

Sementara itu, Tsitsipas yang berada di peringkat ketujuh meraih kemenangan 7-5, 6-3 atas Roberto Carballes Baena saat petenis Yunani itu memperpanjang rekor kemenangan beruntunnya menjadi delapan pertandingan.

"Senang rasanya bisa mencapai catatan seperti ini," kata Tsitsipas, yang raihan gelar di Monte Carlo adalah yang pertama baginya musim ini, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Cenderung semakin sulit, semakin banyak yang melaju. Mempertahankannya adalah bagian tersulit, jadi memiliki angka itu sejauh ini bagus. Itu menambah kepercayaan diri saya, saya sangat suka berada di catatan seperti ini."

Baca juga: Ruud puas dengan kemajuannya meski kalah di final Monte Carlo Masters

Petenis Inggris Cameron Norrie mengalahkan Roberto Bautista Agut 6-4, 6-3 untuk mencapai delapan besar dan mencatat kemenangannya yang ke-200 di tingkat tur.

"Ini adalah turnamen besar dengan banyak juara bersejarah di masa lalu, jadi saya ingin mencoba dan memenangi turnamen ini," kata Norrie tentang turnamen lapangan tanah liat Spanyol tersebut.

Pada babak sebelumnya, Rabu (17/4), veteran Spanyol Bautista Agut meraih kemenangan pertandingan yang ke-400 dalam kariernya dengan mengalahkan Andrea Vavassori di babak kedua.

"Saya tahu kemarin Roberto mendapat 400, jadi saya sudah setengah jalan meraihnya. Mendapatkan 400 kemenangan adalah hal yang mengesankan dan saya akan melakukan itu, kemenangan ke-200 melawan pemain top," ujar Norrie.

Norie selanjutnya menghadapi unggulan ke-13 asal Argentina Tomas Martin Etcheverry untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Dengan kekalahan Bautista Agut dan Carballes Baena, turnamen tersebut tidak lagi memiliki Spanyol yang tersisa dengan juara 12 kali Rafael Nadal tersingkir pada Rabu (17/4).

Unggulan keempat dari Australia Alex de Minaur, pria yang mengalahkan Nadal, kalah pada Kamis (17/4), dari peringkat 36 dunia asal Prancis Arthur Fils 7-5, 6-2.

Baca juga: Nadal terhenti pada babak kedua Barcelona Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024