Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal tak mau berharap terlalu tinggi untuk Barcelona Open ketika ia kembali dari cedera dengan mengalahkan petenis Italia Flavio Cobolli 6-2, 6-3, Selasa (16/4).

Juara Grand Slam 22 kali itu tidak memainkan pertandingan kompetitif sejak Januari tetapi berhasil melewati Cobolli yang berada di peringkat ke-62 dalam waktu 85 menit untuk mencapai babak kedua.

Mantan peringkat satu dunia itu mengalami penurunan peringkat menjadi 644 setelah absen sepanjang musim 2023 usai Australian Open.

Kembalinya dia pada awal tahun ini menemui batu sandungan ketika dia merasakan cedera pinggul yang kambuh di Brisbane.

Bagi Nadal, juara 12 kali di Barcelona, itu adalah penampilan pertamanya di lapangan tanah liat sejak ia menjuarai French Open hampir dua tahun lalu, namun petenis Spanyol itu tidak mau terlalu memaksakan diri.

Baca juga: Nadal menangi pertandingan di Barcelona setelah kembali dari cedera

Stefanos Tsitsipas, juara Monte Carlo Masters pekan lalu, awal pekan ini mengatakan bahwa dia tidak akan terkejut melihat Nadal mencapai final di lapangan yang dinamai dengan namanya, Pista Rafa Nadal.

"Saat ini mengatakan bahwa saya favorit (untuk menang) menurut saya adalah kebodohan, Tsitsipas tahu bahwa itu tidak benar," kata Nadal, seperti disiarkan AFP, Rabu.

"Saya memahami apa yang dia katakan sebagai rasa hormat atas apa yang telah saya lakukan di turnamen ini. Semua orang tahu saya bukan favorit untuk memenangi turnamen."

"Saya sama sekali tidak tahu apakah saya difavoritkan hari ini, saya tahu besok saya tidak akan menjadi favorit," ujar petenis berusia 37 tahun itu, yang akan menghadapi unggulan keempat Alex de Minaur pada Rabu untuk memperebutkan tempat di babak 16 besar.

"Tetapi itu tidak masalah, saya akan keluar dan bermain dan itu akan menjadi pengalaman melawan pemain level atas."

Sementara itu, Brandon Nakashima menyingkirkan unggulan kedua Andrey Rublev dengan kemenangan 6-4, 7-6(8/6).

Petenis Amerika peringkat 87 itu menyingkirkan petenis peringkat delapan dunia yang melakukan lima kesalahan ganda dan hanya memaksakan satu break point pada pertandingan tersebut.

Baca juga: Nadal ingin nikmati setiap momen saat kembali beraksi di Barcelona

Nakashima memenangi set pertama dengan mematahkan servis Rublev pada gim kesembilan untuk menyamakan kedudukan 5-4, dan kemudian bertahan dari break point sebelum melakukan servis.

Rublev menyelamatkan empat break point pada set kedua tetapi kalah pada tie-break setelah melakukan pukulan backhand yang panjang.

Carlos Alcaraz, juara Barcelona pada 2022 dan 2023, mengundurkan diri pada Minggu (14/4) karena cedera lengan bawah.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024