Jakarta (ANTARA) - Pelayanan kependudukan di wilayah Jakarta Barat pada hari pertama kerja setelah libur bersama Idul Fitri 1445 Hijriah telah berjalan normal pada Selasa.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat Gentina Arifin menyebut bahwa jam operasional layanan tetap sama, yaitu mulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

"Begitu juga jam operasional layanan di loket suku dinas, loket kecamatan dan loket kelurahan tetap buka seperti biasa, tidak ada perubahan," kata Arifin di Jakarta.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan personel sebanyak 250 orang yang terdiri dari 50 Aparatur Sipil negyara (ASN) dan 200 Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) untuk melayani 56 kelurahan di wilayah setempat.

"Untuk layanan Dukcapil dapat diakses melalui daring dan luring," kata dia.

Baca juga: PTSP Jakbar kembali buka layanan usai libur Idul Fitri
Baca juga: Pemkab kembali aktifkan layanan terpadu setelah libur Idul Fitri


Selain itu, pihaknya juga tetap akan melaksanakan "pelayanan jemput bola" kepada masyarakat, terutama untuk pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Warga dapat mengakses permohonan layanan Dukcapil melalui luring dan daring melalui Aplikasi ALPUKAT Betawi yang sudah tersedia di Android dan IOS," kata Gentina.

Sudin Dukcapil Jakarta Barat (Jakbar) juga terus mengantisipasi para pendatang baru pasca Lebaran.

“Sementara kami masih menunggu arahan dari dinas karena untuk jumlah pendatang akan diinformasikan dari dinas berapa totalnya, masing-masing wilayah berapa banyak dan seluruh DKI Jakarta berapa banyak. Nanti kita akan informasikan," katanya.
Baca juga: Layanan PTSP Jaktim kembali normal usai Lebaran
Baca juga: Semua pelayanan kesehatan di Jaksel telah beroperasi normal


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024