Manado (ANTARA) - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Hendra Gunawan mengatakan gempa vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara naik signifikan.

"Jumlah kegempaan terutama gempa vulkanik dalam pada periode 1-15 April terjadi kenaikan yang signifikan dibandingkan bulan Maret 2024," kata Hendra dalam laporan penyampaian tingkat aktivitas Gunung Ruang yang dibagikan Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Julius Ramopolii dalam grup percakapan 'Info Gunung Api Sitaro' di Manado, Selasa.

Aktivitas vulkanik hingga periode 16 April 2024 masih didominasi oleh gempa tektonik jauh, namun pasca gempa tektonik dan terasa di area Gunung Ruang, tercatat kenaikan jumlah gempa vulkanik dalam.

Pada tanggal 10 April terjadi empat kali gempa vulkanik dalam, 11 April (lima kali), 12 April (enam kali), 13 April (17 kali), 14 April (23 kali) dan 15 April (146 kali).

Hendra mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, pada umumnya kegempaan vulkanik di Gunung Ruang cenderung rendah, lebih didominasi oleh gempa tektonik diperkirakan pengaruh dari subduksi Sulawesi Utara dan subduksi ganda di Laut Maluku.

Namun aktivitas vulkanik Gunung Ruang sampai pada periode 1-16 April 2024 selain didominasi oleh gempa tektonik jauh, terjadi eskalasi pemunculan gempa vulkanik dalam (VTA) pascagempa tektonik 9 April 2024 dan tanggal 14 April 2024.

Baca juga: PVMBG naikkan status Gunung Ruang Sitaro menjadi waspada

Menurut BMKG gempa tektonik pada 9 April mempunyai magnitudo 6,4 pada kedalaman 27 kilometer dan berlokasi di 94 kilometer barat laut Pulau Doi, Maluku Utara.

Sedangkan gempa tektonik tanggal 14 April mempunyai magnitudo 5,1 dan terjadi pada kedalaman 27 kilometer dan berlokasi di 122 kilometer barat daya Pulau Doi, Maluku Utara.

Kedua gempa yang terjadi di tanggal berbeda di bulan April 2024 tersebut terasa dengan skala I MMI.

"Pemunculan gempa vulkanik dalam biasanya berkaitan dengan migrasi magma dari kedalaman dalam ke permukaan," katanya menjelaskan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara dari normal level I menjadi waspada level II.

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik sehingga tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari level I (normal) ke level II (waspada) terhitung mulai tanggal 16 April 2024 pukul 10.00 WITA.

Baca juga: Gunung Ruang di Sulawesi Utara alami peningkatan kegempaan vulkanik

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024