kegiatan kepariwisataan yang masuk dalam kalender 'event' daerah total ada 90 kegiatan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung menyebutkan bahwa selama tahun 2024 ini ada sebanyak 90 kegiatan kepariwisataan di daerah itu.
 
"Untuk kegiatan kepariwisataan yang masuk dalam kalender 'event' daerah total ada 90 kegiatan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung," ujar Kepala Disparekraf Provinsi Lampung Bobby Irawan di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan 90 kegiatan itu berasal dari berbagai kegiatan kepariwisataan di berbagai kabupaten, dan dilaksanakan setiap bulan selama 2024.
 
"Kami ambil semua kegiatan kepariwisataan ini dari kabupaten dan kota, jadi mereka menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dan sebelumnya telah dipilih untuk masuk ke kalender 'event' daerah. Dan nantinya bisa terpilih untuk kalender 'event' nasional juga. Memang strategi kami di 2024 adalah ingin menjadikan Provinsi Lampung sebagai bumi 'event'," katanya.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan seni budaya tradisional, konser musik, parade, ataupun kegiatan pariwisata lainnya.
 
"Dengan ini setidaknya menjadi strategi yang akan mendorong kunjungan wisatawan baik domestik ataupun mancanegara agar datang ke kegiatan yang ada di berbagai kabupaten, jadi seperti magnet mereka tinggal memilih tertarik dengan kegiatan yang mana dan di daerah mana," ucap dia.

Baca juga: ASDP catat masih 448.514 penumpang belum kembali ke Pulau Jawa

Baca juga: Bandara Radin Inten: Penumpang capai 4.773 orang pada H+3 Lebaran 2024
 
Dia menjelaskan untuk mendukung pelaksanaan 90 kegiatan kepariwisataan di Lampung itu pemerintah daerah mempermudah izin bagi promotor ataupun penyelenggara kegiatan.
 
"Kami jamin penyelenggara bisa melaksanakan kegiatan dengan izin yang mudah di Lampung. Sebab kami telah mempelajari dari daerah yang lebih maju pariwisatanya mereka menggerakkan sektor ini dari melaksanakan banyak kegiatan dengan dorongan pemerintah daerah untuk memfasilitasi perizinan dengan mudah," tambahnya.
 
Berdasarkan data Disparekraf Provinsi Lampung, kegiatan kepariwisataan khusus pada April 2024 ini meliputi Pemilihan Muli Mekhanai di berbagai kabupaten, Festival Radin Djambat di Kabupaten Way Kanan.
 
Malam Pitu Likukh di Kabupaten Lampung Barat, Ngelemang Bebakhong di Lampung Barat, Festival Sekura di Lampung Barat.
 
Taman bermain Way Kambas, Pekan Fest di Pesisir Barat, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kota Bandarlampung.

Baca juga: Puluhan pemudik pengguna mobil listrik nyaman ngecas di rest area JTTS

Baca juga: Destinasi wisata di Lampung siap terima wisatawan di libur Lebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024