Semua bunga hari esok adalah benih-benih hari ini,”
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memberikan penghargaan kepada enam Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berprestasi. Mereka berasal dari tiga provinsi, yaitu Provinsi Riau, Lampung, dan Sumatera Barat, serta tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur, dan Kota Yogyakarta Provinsi D.I Yogyakarta.

Dalam sambutannya Mendikbud memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para Bunda PAUD yang datang dari berbagai wilayah Indonesia atas kontribusinya bagi bangsa dan negara.

Mendikbud juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut serta memajukan PAUD.“Semua bunga hari esok adalah benih-benih hari ini,” ujar Menteri Nuh menyampaikan sebuah pepatah saat memberikan sambutan di hadapan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan ratusan Bunda PAUD di Istana Negara, Jakarta, (19/11/2013).

Menteri Nuh menganalogikan benih sebagai anak-anak Indonesia, dan bunga sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Melalui pepatah tersebut, ia mengajak Bunda PAUD dan seluruh lapisan masyarakat untuk menyemai benih-benih, serta merawat dan melindunginya agar kelak bisa tumbuh menjadi bunga-bunga bangsa yang memberikan kemanfaatan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia juga mengingatkan semua pihak mengenai pentingnya menciptakan generasi emas Indonesia yang mampu bersaing pada tahun 2045 atau tepat saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Tidak ada cara lain kecuali memberikan layanan pendidikan dan kesehatan kepada anak-anak usia dini dan anak-anak kita karena mereka-lah yang akan mengelola bangsa dan negara ini,” katanya. Ia berharap, bisa tercipta sinergi yang baik antara Posyandu dan lembaga PAUD di daerah-daerah dalam menciptakan generasi yang handal.

Mendikbud menyebutkan, hingga saat ini telah dilantik Bunda PAUD dari 31 provinsi dan 309 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pelantikan Bunda PAUD di daerah-daerah dimulai setelah Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono ditetapkan sebagai Bunda PAUD Indonesia pada 2011 lalu.
Setelah Ibu Negara menjadi Bunda PAUD Indonesia, respon positif yang luar biasa diberikan para istri gubernur dan bupati/walikota dari berbagai daerah.

Pemberian penghargaan kepada Bunda PAUD berprestasi berlangsung di sela-sela acara pembukaan Rakornas Bunda PAUD Indonesia Tahun 2013 di Istana Negara. Acara pembukaan juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, dan Dirjen PAUDNI Lydia Freyani Hawadi. 
(*) ADV

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2013