Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak menuju Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu untuk menyaksikan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulut.

Keterangan dari Sekretariat Wakil Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu, menginformasikan Wapres bersama Wury Ma'ruf Amin dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado pada pukul 11.00 WIB atau 12.00 WITA menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Usai menempuh penerbangan sekitar 3 jam 30 menit, Wapres dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Sam Ratulangi pada pukul 15.30 WITA dan langsung disambut oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut. Selanjutnya, Wapres beranjak ke penginapan.

Pada malam harinya, Wapres dan Wury Ma'ruf Amin diagendakan melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, Kota Manado. Pada kesempatan itu, Wapres juga rencananya akan menyampaikan tausiah di masjid tertua di kota yang pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia tersebut.

Pada keesokan harinya, Kamis (4/4), di kota penyelenggara even Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2022 itu, Wapres dijadwalkan akan menyaksikan pengukuhan KDEKS Provinsi Sulut. Acara tersebut digelar di salah satu hotel di Kota Manado pada pukul 10.30 WITA.

Selain menyaksikan prosesi pengukuhan KDEKS Provinsi Sulut, di tempat yang sama Wapres juga akan menyaksikan pemberian bantuan secara simbolis, yakni PSBI dan Demplot Pertanian Ponpes kepada Pondok Pesantren Hidayatullah Ibolian oleh Gubernur Sulut; Sertifikasi Kompetensi Juleha oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara; Sertifikasi Halal RPH kepada DPKP Manado oleh MUI.

Selanjutnya, Rekor MURI Sajian Mie Cakalang Terbanyak kepada Bank Indonesia oleh MURI; Akta Pembentukan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) kepada Pondok Pesantren Karya Pembangunan Manado oleh Kemenag Provinsi Sulut; KUR BRI, BNI, Mandiri, BSI, BSG kepada UMKM oleh perbankan terkait serta Penyerahan Sertifikat Halal UMKM oleh Plt. Direktur Eksekutif KNEKS.

Selepas acara, Wapres beserta Wury Ma'ruf Amin dan rombongan dijadwalkan meninggalkan Kota Manado untuk kembali ke Jakarta pada pukul 13.30 WITA atau 12.30 WIB.

Untuk diketahui, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) terus bergerak cepat secara masif mengembangkan infrastruktur pendukungnya dalam pengembangan ekosistem halal di daerah, melalui pembentukan KDEKS.

Kali ini, arus baru ekonomi daerah tersebut akan dikukuhkan di Kota Manado, di mana menurut data BPS Provinsi Sulut jumlah penduduk Islam di kota itu sekitar 31,8 persen pada 2022. Hal tersebut menandakan bahwa ekonomi dan keuangan syariah merupakan sistem ekonomi yang inklusif.

Berdasarkan data dari KNEKS, perkembangan pembentukan KDEKS di daerah mencapai 28 KDEKS. Adapun rinciannya, pada 2022 terbentuk KDEKS Sumatera Barat, Riau, Sumatra Selatan, NTB, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Sedangkan pada 2023, terbentuk KDEKS Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Gorontalo, Bengkulu, Jambi, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, DKI Jakarta, Aceh, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara pada 2024, telah terbentuk KDEKS Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, dan Jawa Barat.

Mendampingi Wapres dalam rombongan pesawat, yaitu Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W. S., Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi M. Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Baca juga: RI konsisten jadikan keuangan syariah sebagai strategi pembangunan
Baca juga: Wapres mendukung program satu juta penyuluh UMKM berbasis syariah
Baca juga: Wapres minta pesantren juga jadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat
Baca juga: Wapres dorong edukasi pelaku usaha tentang sertifikasi halal

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024