Jakarta (ANTARA) - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyiapkan area parkir kendaraan yang lebih luas d
berikut fasilitas pendukungnya untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami menyiapkan Sentral Parkir Pekan Lebaran dalam upaya meningkatkan kenyamanan serta kapasitas pengunjung khususnya di area pantai saat Pekan Libur Idul Fitri," kata Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Eddy Prastiyo di Jakarta, Kamis.

Manajemen Ancol Taman Impian akan menerapkan sistem sentral parkir dan pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan langsung diarahkan ke area kantong parkir yang telah disediakan.

Menurut dia sentral parkir akan diberlakukan mulai Lebaran hari kedua, ketiga dan keempat.
"Kami menyediakan kantong parkir dengan kapasitas 8.500 mobil dan 19.700 motor," kata dia.

Baca juga: Libur Lebaran, Ancol perkenalkan biota baru di Sea World

Selain itu untuk mobilitas di dalam kawasan Ancol, manajemen telah menyiapkan 97 unit bus wara-wiri dan tiga rangkaian Kereta Sato-Sato yang semua bisa digunakan pengunjung secara gratis.

Manajemen juga menyiapkan fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung antara lain satu masjid, sembilan mushala, 23 toilet dan akan menambah 17 toilet ekstra yang tersebar di seluruh kawasan taman&pantai.

SVP Business Operations PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Aryanto mengatakan, kesiapan ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan usai pelaksanaan pekan wisata lebaran 2023 dan pekan wisata Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami lakukan penambahan kapasitas parkir dan juga penambahan toilet untuk kenyamanan," kata dia.

Baca juga: Ini keseruan di Ancol saat libur Lebaran

Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, Ancol juga akan menambah tenaga pengamanan gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran dan Petugas Operasional.

"Kawasan ini juga dilengkapi dengan delapan unit Pos Lifeguard, tujuh unit Pos Pengamanan, tujuh unit ambulans dan lima mobil derek," kata dia.

Sedangkan VP Taman Impian, Dimas Dwi Andriyanto mengatakan, saat libur lebaran pihaknya akan membuka tujuh pintu gerbang yang dimanfaatkan masyarakat yang ingin berlibur di ancol.

Selain itu untuk pintu keluar ada enam gerbang yang dipersiapkan. Untuk pengunjung bisa masuk dari pintu Stasiun Ancol bagi yang ingin naik kereta api dan Halte TransJakarta.

"Kami menyiapkan bus wara-wiri dan kereta api di kawasan Ancol untuk mengantarkan pengunjung secara gratis," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024