Jakarta (ANTARA) - Off-roader G-Wagen ikonik dari Mercedes-Benz menerima powertrain listrik, teknologi bantuan pengemudi yang diperluas, dan perubahan desain.

Automotive News, Selasa (26/3) melaporkan, Mercedes-Benz G 550 2025 dan Mercedes-AMG G 63 yang beperforma tinggi akan tiba di diler-diler Amerika Serikat (AS) pada paruh kedua tahun 2024. Harga tidak diungkapkan.

Mesin enam silinder turbocharged 3 liter yang baru menghasilkan 443 hp, 27 tenaga kuda lebih besar dari model V8 yang ada saat ini. Generator starter terintegrasi 48 volt mendukung kecepatan mesin yang lebih rendah.

G 550 diklaim mampu berakselerasi dari nol hingga 60 mph dalam 5,3 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 130 mph.

Baca juga: Mercedes-Benz G-Wagen EV hadir pada pertengahan 2024

Transmisi otomatis sembilan percepatan dengan konverter torsi membuat berkendara menjadi tenang, terutama pada putaran mesin rendah, sekaligus meningkatkan efisiensi. Mercedes mengatakan bahwa desain dan kalibrasi transmisi memastikan pergantian gigi yang cepat dan halus serta memungkinkan percepatan yang cepat.

Mercedes berencana untuk meluncurkan SUV G-Class bertenaga baterai yang ringkas di AS pada paruh kedua dekade ini.

G 550 mempertahankan sasis ladder-frame G-Wagen dan tampilan tebal. Eksteriornya menampilkan bumper depan dan belakang yang baru serta gril radiator krom perak dengan empat kisi-kisi horisontal, bukan tiga kisi-kisi seperti sebelumnya.

Baca juga: Penerus VW Amarok bakal hadir di AS

Interior The all-new Mercedes-Benz G 550 (ANTARA/X/MercedesBenzUSA)

Baca juga: Mercedes-Benz siapkan investasi besar di India

G 550 yang diperbarui menerima teknologi bantuan pengemudi baru yang canggih, termasuk Active Steering Assist opsional dan Active Emergency Stop Assist.

Varian Performa G 63 didukung oleh mesin biturbo AMG 4.0-liter V8 biturbo yang dibuat dengan tangan, menghasilkan 577 hp, tenaga puncak yang sama dengan model yang sudah ada. Sistem kelistrikan onboard 48 volt dan generator starter terintegrasi memberikan dukungan pada putaran mesin yang lebih rendah dengan tambahan 20 hp.

Baca juga: Mercedes-Benz tarik 15.502 GLC di Amerika Serikat

AMG G 63 diklaim dapat berakselerasi hingga 60 mph dalam 4,2 detik, 0,3 detik lebih cepat dari model yang sudah ada.

Untuk pertama kalinya, kap mesin dan proyeksi kaca spion eksterior menampilkan lambang AMG. Paket Serat Karbon Eksterior AMG opsional menampilkan kisi-kisi radiator krom gelap, rumah spion berdesain karbon, dan sisipan pada trim pelindung eksterior.

Baca juga: Mercedes-Benz tarik ratusan ribu SUV di AS akibat masalah kelistrikan

Baca juga: Mercedes-Benz didenda Rp126 miliar di Jepang

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024