Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengumumkan sebanyak 1.732 mahasiwa baru lolos melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari total pendaftar 7.245 orang.

"Dari total peserta yang dinyatakan lolos di Itera tersebut, terdapat sebanyak 546 pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-kuliah)," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu.

Rektor menjelaskan bahwa sebelum dinyatakan lolos, peserta telah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat melalui perankingan nilai rapor SMA/Sederajat, serta penilaian sertifikat prestasi yang dimiliki.

"Mereka harus bersaing dengan 7.245 pendaftar dari berbagai provinsi di Indonesia. Total pendaftar SNBP Itera tahun ini terdiri dari 3.342 pendaftar pilihan 1 dan 3.903 pendaftar pilihan 2," kata dia.

Rektor juga menjelaskan, sebanyak 1.732 peserta yang dinyatakan lolos tersebut tersebar di 41 program studi (prodi) yang ada di Itera termasuk program studi baru yakni S1 Rekayasa Keolahragaan yang pertama kali diikutsertakan dalam jalur SNBP.

"Adapun lima program studi dengan pendaftar terbanyak jalur SNBP tahun ini yaitu, Prodi Farmasi 909 pendaftar, Teknik Informatika (805), Teknik Pertambangan (599), Teknik Industri (411), dan Teknik Sipil (374)," kata dia.

Baca juga: Itera siapkan 766 komputer guna pelaksanaan UTBK-SNBT
Baca juga: 25 PTN siap terima mahasiswa baru lewat jalur SMMPTN-Barat


Prof. Nyoman menambahkan, kuota penerimaan mahasiswa baru Itera tahun ini berjumlah sekitar 5.200 mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur SNBP, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

"Khusus untuk jalur SNBP, jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 30 persen dari total mahasiswa baru Itera tahun 2024," kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, untuk jalur SNBT Itera tahun ini mengalokasikan kuota lebih besar, yaitu 65 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima.

"Pendaftaran jalur SNBT telah dibuka 21 Maret - 5 April 2024 melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/," kata dia.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., menambahkan bagi peserta yang dinyatakan lolos SNBP di Itera diminta untuk melakukan registrasi ulang melalui aplikasi DIM (Data Induk Mahasiswa) mulai 27 Maret – 26 April 2024 melalui laman dim.itera.ac.id.

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di Itera,” kata dia.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut 126.421 orang lulus SNBP PTN akademik
Baca juga: Diumumkan hari ini, simak tata cara cek hasil SNBP 2024

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024