Jakarta (ANTARA) - Pebasket Erick Ibrahim Junior menjadi aktor kemenangan timnas Indonesia 3X3 putra atas Korea Selatan pada pertandingan babak kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di OCBC Square, Singapura Sports Hub, Rabu, Indonesia memastikan kemenangan lewat tembakan dua angka Erick Ibrahim di masa overtime untuk menutup skor 13-11.

Indonesia memulai pertandingan ini tidak dengan mudah karena langsung tertinggal tiga angka di awal game.

Pelan tapi pasti, tim Garuda mulai mendapat ritme pertandingan. Diawali dari satu angka Muhamad Daffa Shaldy dan tembakan dua angka Jason Christhoufer membuat kedudukan berubah sama kuat 3-3.

Tim Merah Putih berbalik unggul 5-3 melalui tembakan bebas Jason Christhoufer dan tembakan Shaldy.

Keunggulan dengan selisih dua angka ini terjaga hingga menyisakan satu menit. Bahkan Indonesia sempat memimpin tiga angka saat kedudukan 10-7 dengan sisa waktu 41 detik.

Korea Selatan mampu mengejar dengan melakukan percobaan dua angka. Sempat Korea Selatan berbalik unggul 11-10 di sisa pertandingan selama 13 detik.

Young Guns Indonesia pantang menyerah hingga akhirnya memaksakan laga ditentukan melalui overtime usai kedudukan menjadi sama kuat menjadi 11-11.

Di babak overtime, Indonesia menunjukkan efektifitas dalam bermain melalui tembakan 2 angka dari Erick Ibrahim untuk mengunci kemenangan 13-11.

“Saya terus meyakinkan pemain jika mereka pasti bisa. Dimulai dengan memperbaiki pertahanan dulu, dan lebih jalan lagi sistem penyerangannya. Jangan mengandalkan 1on1 terus,” ujar Fandi Andika Ramadhani.

“Kemenangan ini pasti ada arti tersendiri buat para pemain. Kemenangan ini bisa nambah kepercayaan diri mereka sebagai pemain dan yg pasti ini jadi kenangan tersendiri buat para pemain,” tambahnya.

Indonesia akan kembali bertanding di laga pamungkas menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Kamis.

Sementara itu, Timnas Indonesia 3X3 putri mengawali perjalanan Kualifikasi FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan kekalahan atas Hong Kong dengan skor 10-14.

Timnas putri akan menjaga asa lolos dengan melakoni dua pertandingan sekaligus ketika melawan India dan Kepulauan Mariana Utara, Kamis.

Baca juga: Timnas 3X3 bertolak ke Singapura, ini daftar pemain yang dibawa

Baca juga: Timnas 3X3 Indonesia siap tanding di FIBA Asia Cup 2024

Baca juga: Timnas basket 3x3 ganti waktu latihan jadi malam untuk Piala Asia 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024