Kami juga berkomitmen untuk ikut mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN.
Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis, sebagai upaya mendorong inklusivitas ekonomi.
 
Groundbreaking disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Erick Thohir, jajaran menteri, regulator, Pemerintah Provinsi Kaltim, serta Otorita IKN.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyebut Mandiri Digital Services akan berlokasi di Pusat Layanan Perbankan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, yang merupakan kawasan strategis dan representatif bagi lembaga negara dan swasta.

Ia berharap kehadiran kantor ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di IKN, terutama dalam proses transisi dari ibu kota saat ini agar dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Kami juga berkomitmen untuk ikut mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN, bersama dengan lembaga negara dan swasta lainnya yang turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN,” ujar Darmawan.

Dia menjelaskan, kantor akan dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan berbasis digital yang terdiri dari dua lantai dan bangunan seluas 2.000 meter persegi, sesuai dengan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

Secara desain, katanya lagi, bangunan akan berbentuk fluid yang menyimbolkan keselarasan bangunan Mandiri Digital Services dengan lingkungan asri di IKN.

"Selain itu, desain bangunan Mandiri Digital Services akan mengusung konsep sustainability dan ramah lingkungan, dimana solar panel akan berfungsi sebagai salah satu sumber energi," ujar Darmawan lagi.

Lebih lanjut, Mandiri Digital Services akan dibangun di atas lahan seluas 1,28 hektare, yang akan menjadi pelopor one-stop-financial solution di IKN dengan memberikan pelayanan terbaik secara digital dan offline, yang didukung oleh kehadiran Smart Branch by Mandiri, fasilitas Smart Priority Lounge, Co-working Space, hingga stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan ramah lingkungan.

"Khusus pada fasilitas Smart Branch by Mandiri, nasabah dapat menggunakan fitur e-Reservation untuk membuat janji kunjungan," ujar Darmawan.

Kemudian, perseroan juga menyediakan solusi pengelolaan uang tunai baik penjemputan maupun pengantaran, dalam layanan Mandiri LAJU (Layanan Antar Jemput Uang) yang dapat diakses melalui Kopra by Mandiri.

“Layanan offline yang kami sediakan tidak hanya terbatas pada Mandiri Digital Services, tetapi juga ada layanan extension lainnya yang kami namakan sebagai Point of Service, yang akan tersebar di beberapa lokasi di IKN, di antaranya saat ini yang sudah kami siapkan berupa Kantor Cabang kami di Sepaku dan Penajam Paser Utara, Livin' Corner di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), dan Agen Branchless Banking di sekitar wilayah IKN,” ujar Darmawan.

Dalam kesempatan sama, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang membangun kantor berkonsep Digital Services yang dapat melayani masyarakat.

"Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Services. Karena saya tahu Livin' by Mandiri sudah 23 juta (pengguna), sangat gede sekali," ujar Jokowi.
 
Presiden melanjutkan, nantinya hal itu dapat terus berkembang serta mendorong perluasan ekosistem digital di Tanah Air.

"Bayangan saya nanti juga kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun akan mendatangkan digital nomad yang ada di Nusantara kita, maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia," ujar Jokowi.
Baca juga: Dukung IKN, Bank Mandiri luncurkan uang elektronik edisi Nusantara
Baca juga: Presiden apresiasi Bank Mandiri bangun gedung layanan digital di IKN

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024