Strasbourg, (ANTARA News) - Pereli Prancis Sebastien Ogier meraihi gelar reli dunia pertamanya pada Kamis, dengan mengungguli pebalap senegaranya Sebastien Loeb yang menjuarai sembilan kejuaraan terakhir.





Ogier, yang mengendarai Volkswagen, menggenapi mahkotanya di Stage Power pada hari pertama Reli Prancis.





Ia dipastikan merebut gelar ketika pereli Belgia Thierry Neuville, satu-satunya saingan yang dapat menunda selebrasi juara, hanya mampu menduduki peringkat kedua di tahapan yang dimenangi Dani Sordo asal Spanyol, demikian dilaporkan AFP.





Ogier berada di urutan ketiga ketika Loeb, yang hanya mengikuti empat reli di musim pensiunnya, melorot ke urutan ketujuh.





Neuville perlu meraih tiga angka untuk dapat memenangi Power Stage, untuk menjaga harapan tipisnya dalam meraih gelar juara.





Namun ia sekarang tertinggal 82 angka di belakang Ogier dengan hanya 81 angka yang dapat diperebutkan dari tiga balap terakhir - di Prancis, Spanyol, dan Inggris Raya.





Ogier (29) dan kopilotnya Julien Ingrassia, menorehkan musim penuh pertama yang cukup baik di kejuaraan reli dunia bagi pabrikan Jerman Volkswagen.





Loeb (29) berupaya menghambat Ogier di Prancis, namun perlawanannya selesai pada Kamis


.


(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013