Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (PT YMID) meluncurkan produk baru yang mendukung kebutuhan streaming dan gaming, terdiri dari Powered Studio Monitor HS4 dan HS3, Live Streaming Mixer AG03MK2 dan AG06MK2, serta Game Streaming Mixer ZG02.

"Keunggulan produk Yamaha adalah kualitas audionya yang sudah terkenal tak hanya di Indonesia tapi juga global, serta produk yang ramah pengguna karena pengoperasiannya mudah, bahkan bagi pemula sekalipun," kata Chief Technical Marketing PT YMID Gabriel Gunawan sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan pada Selasa.

HS3 dan HS4 adalah jajaran speaker monitor studio ringkas untuk membantu kreator membuat beragam konten audio, mulai dari produksi musik hingga pembuatan konten.

Kedua produk itu hanya memerlukan sedikit ruang dan mudah dibawa. Amplifier Class- D yang efisien dengan satu amplifier untuk dua speaker menjadikannya ringkas dan ringan serta memungkinkan penyederhanaan koneksi kabel.

Upaya untuk mengoptimalkan produk dilakukan melalui pemilihan amplifier Class-D berperforma tinggi, kabinet MDF yang kuat, serta woofer dan dome tweeter yang diklaim mampu menghasilkan suara natural walaupun berukuran kecil.

HS3 dan HS4 menggunakan teknologi “Twisted Flare Port” milik Yamaha untuk meminimalkan noise turbulensi pada port bass dan menghasilkan bass yang jernih dan akurat.

Bagian panel belakang dilengkapi dengan konektor Combo (kombinasi TRS/XLR), RCA, serta stereo mini jack, yang memungkinkan unit dihubungkan ke berbagai peralatan profesional dan perangkat seperti komputer, audio interface, audio mixer, dan alat musik elektronik.

Fitur yang umum digunakan seperti tombol power, knob volume, dan jack headphone ditempatkan di panel depan agar akses lebih mudah.

Baca juga: Gim GrandChase Classic hadir untuk gamer PC

Sementara itu, AG MK2 Series merupakan generasi kedua dan terbaru dari seri AG yang dirilis sejak 2015.

Mengusung dua model, AG03MK2 (mixer tiga channel input) dan AG06MK2 (mixer enam channel input), kedua mixer ini menghadirkan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan live streaming modern.

Fitur yang ditawarkan meliputi perekaman dan playback audio 2-channel beresolusi tinggi (24-bit, 192 kHz) via koneksi USB, built-in input mic XLR, headset, line dan Hi-Z, switch pemilih fungsi Loopback, tombol mute, AG Controller (Windows/Mac/iOS) untuk kontrol parameter yang presisi, serta software Cubase Al, WaveLab Cast, Cubasis LE, dan Rec'n'Share.

Sedangkan AG08 adalah mixer live streaming delapan channel yang dilengkapi dua input mikrofon dengan phantom power, tiga input stereo untuk menerima sumber suara USB dan peralatan lain dengan output line level, audio interface USB terintegrasi, voice changer, dan sampler.

AG08 adalah model tertinggi dari generasi kedua seri AG yang menyasar pasar profesional streamer.

Fitur utamanya antara lain dua input mikrofon dengan phantom power untuk mikrofon condenser dan dua output headphone, tiga fader channel stereo untuk USB in/out yang fleksibel, lima DSP onboard, serta enam pad yang dapat dikustomisasi.

Kontrol suara pada AG08 tersedia secara fisik sehingga pengaturan dan akses berbagai fitur dapat dilakukan secara instan. Pengaturan lebih detail dapat dilakukan dengan aplikasi “AG08 Controller”, tersedia untuk PC Windows atau Mac dan iOS device.

Baca juga: Twitch perbolehkan streamer untuk streaming di berbagai layanan

Game Streaming Mixer ZG02 merupakan mixer audio berukuran ringkas untuk streaming gaming yang mengintegrasikan input game dan mikrofon untuk pengalaman gaming maksimal.

ZG02 menyasar pasar gamer dan kreator konten gaming. Mixer audio di ZG02 dapat digunakan untuk mix audio game, suara pengguna, dan suara lawan bicara ke dalam sistem playback sendiri, sementara secara simultan menyediakan audio ideal untuk partner voice chat dan audiens di streaming.

Perbedaan signifikan dengan kakaknya yaitu ZG01, terletak pada ukuran yang lebih ringkas karena tidak adanya HDMI input dan volume knob master.

ZG02 memiliki koneksi audio atau output 2x USB input untuk console gaming dan PC, input mic XLR untuk mikrofon condenser dengan tombol +48V phantom power dan mute, input mic headset 3.5mm, serta input dan output independen untuk headset atau microphone dengan headphone atau speaker desktop.

ZG02 juga memiliki playback dan recording audio resolusi tinggi dengan USB audio 24-bit, 48kHz, dilengkapi pemrosesan audio digital (DSP) berlatensi rendah, prosesor seperti ZG SURROUND, FOCUS MODE/EQ, 3D CHAT SPACE, dan efek suara untuk pengalaman gaming yang menyenangkan.

ZG02 menghadirkan kontrol fader volume untuk input mic dan knob yang didesain khusus untuk gamer dan streamer. Selain itu, perangkat ini memiliki tiga tombol efek (dua untuk efek suara dan satu untuk efek game).
Pengaturan lebih detail dapat dilakukan dengan aplikasi “ZG Controller”, tersedia untuk PC Windows atau Mac.

"Kalau konsumen kami, para live streamer, youtuber, konten kreator, dan gamer tujuannya adalah kenyamanan dan kualitas audio, maka kami berani diadu dengan produk sejenis dari produsen lain," kata Manager Marketing dan Technical Marketing PT YMID Ryan Indra Kusumah.

Baca juga: Yamaha Musik kenalkan jajaran perangkat Unified Communication
Baca juga: YMMI bersama YMID kembali gelar "N-MAX Jingel Competition"

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024