Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat mengeluarkan aturan mengenai pendaftaran produk yang digunakan di ajang olahraga sepeda motor, yang tertuang dalam Surat Keputusan IMI Pusat Nomor 011/IMI/SK-ORGAN/A/I/2024 tentang Registrasi Jenis dan Type Produk/Suku Cadang Kendaraan Bermotor dalam Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia.

Dikutip dari keterangan resmi IMI Pusat yang diterima pada Jumat, regulasi ini bertujuan menyinergikan keselarasan antara pihak produsen dengan regulator dari IMI Pusat untuk membangun industri balap motor Indonesia.

“Kita sudah mempunyai program pembinaan dan prestasi balap motor yang harus berkesinambungan dijalankan,” kata Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra.

“Pada pelaksanaannya, semuanya memiliki kepentingan termasuk pihak sponsor, khususnya produsen sparepart turut menjadi bagian yang berkontribusi langsung terhadap prestasi pembalap,” ujarnya menambahkan.

Sejak Desember 2023, aturan registrasi produk ini mulai disosialisasikan kepada produsen atau pemilik merek suku cadang termasuk perlengkapan berkendara. Semua produk yang terkait dengan dunia balap motor harus terdaftar di IMI di bawah naungan Deputi Olahraga Sepeda Motor.

Program ini sebetulnya telah digagas IMI sejak 2019 tapi terkendala pandemi COVID-19 hingga akhirnya mulai 2023 kembali diterapkan demi meningkatkan kualitas pembalap Indonesia agar bisa bersaing di tingkat internasional.

“Untuk itulah kami mengeluarkan aturan registrasi ini untuk sama-sama ikut mendukung kelangsungan dunia balap agar tetap berjalan. Balapan bisa diadakan sesuai jadwal, pembalap mencetak prestasi, sementara pihak produsen juga bisa beraktivitas mempromosikan produknya,” ujar Eddy.

Dengan melakukan registrasi, IMI Pusat akan memasukkan daftar produk ke dalam buku Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor (PNOKB) 2024 yang akan disebarkan ke seluruh IMI Provinisi serta di laman resmi IMI.

Biaya yang dikenakan untuk registrasi produk ini sebesar Rp5 juta dengan jangka waktu satu tahun. Ketentuan registrasi produk ini berlaku untuk Kejuaraan Balap Motor Nasional seperti Motoprix, OnePrix, dan Mandalika Racing Series.

Hal ini yang akan menjadi dasar perlindungan terhadap penggunaan produk dalam kegiatan olahraga balap sepeda motor selama satu musim kompetisi.

Baca juga: Indonesia Drift Series 2024 siap digelar pertandingkan tiga kelas

“Jadi tidak sekadar membayar registrasi, namun bila ada pembalap atau tim tidak menggunakan produk yang sudah terregistrasi, sanksinya adalah diskualifikasi. Di setiap kejuaraan, akan ada juri dari IMI Pusat yang akan mengawasi proses ini dan bila ditemukan adanya pelanggaran, silakan dilaporkan.”

Di sisi lain, Ketua Badan Pengawas IMI Pusat Jeffry JP mengatakan, balap motor akan menjadi contoh pengaplikasian registrasi produk karena telah tumbuh menjadi sebuah industri.

“Tahapan selanjutnya yang akan kita rancang adalah turut mendorong produk dalam negeri untuk memiliki kapasitas dan daya saing tinggi agar bisa digunakan di event internasional dengan homologasi FIM,” kata Jeffry.

“Kita tengah menjajaki kerja sama dengan Puspitek untuk pengujian produk hingga mendapatkan sertifikasi,” imbuhnya.

Masa registrasi produk ini akan ditutup hingga 15 Februari dan dipastikan tidak akan ada tambahan lagi saat kompetisi balap motor berlangsung pada 2024.

Baca juga: Benavides dan Price siapkan strategi terbaik demi taklukkan Dakar 2024

Berikut adalah produk yang sudah terdaftar.

  1. Uma Racing
  2. RCB
  3. Proliner
  4. VND
  5. Ultraspeed Racing
  6. Creampie Muffler
  7. Cardinal Racing Indonesia
  8. Kawahara
  9. BRT
  10. Motobatt
  11. Chemco (Nissin)
  12. Gordons Racing
  13. AHRS
  14. NHK Helmet
  15. SYS & MFZ Racing
  16. Dynapolt Teknologi Indonesia
  17. GS Astra
  18. Aspira Premio
  19. Pirelli
  20. KYB
  21. DID Racing Chain
  22. Ardians Racing Suit/HRP
  23. NGK Busi
  24. Brisk Busi Indonesia
  25. RK Chain (Surya Tritunggal)
  26. SSS
  27. KYTA
  28. NWN​​​​​​​
  29. PT. Anugerah Aneka Industri
  30. RBT34 Racing
  31. God Speed Motor
  32. MBR Tech
  33. ​​​​​​​Accossato​​​​​​​
  34. DNA
  35. PT. Gema Air Masindo (BPro)
  36. KYT Helmet​​​​​​​
  37. WR3 Sprocket (Leo Sunarno)
  38. TDR
  39. Apitech
  40. YSS
  41. RPD
  42. Ohlins​​​​​​​
  43. PT Putra Prima Glosia (Arai, RS Taichi)
Baca juga: Drifter perempuan ungkap tantangan tekuni motorsport
Baca juga: "NASCAR: Full Speed" rangkum drama sepanjang kejuaraan NASCAR 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024