Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menegaskan bahwa keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat banyak membantu dunia sepak bola di tanah air.

Hal itu disampaikan Ferry terkait sejumlah pembicaraan mengenai keberadaan BUMN, yang diusulkan akan menjadi koperasi. Usulan tersebut banyak mendapat tentangan dari pihak pelaku olahraga, karena dinilai akan mengguncang stabilitas ekosistem indutri olahraga.

“BUMN sangat membantu industri sepak bola Indonesia. Pantang dibubarkan! harus diakui, keterlibatan BUMN telah memunculkan secara langsung simbiosis mutualisme di antara para pelaku dan stakeholder sepak bola Indonesia,” ucap Ferry seperti dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru.

“Dengan begitu nilai kompetisi profesional di Indonesia akan terus menanjak dan imbasnya akan berkontribusi besar terhadap daya saing timnas di level inernasional,” tambahnya.

Baca juga: KOI: BUMN mampu lambungkan nama Indonesia lewat olahraga
 

Dalam beberapa tahun terakhir, BUMN memang sangat berkontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan olahraga di tanah air, khususnya sepak bola.

BUMN perbankan Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan sponsor resmi tim nasional sepak bola Indonesia sekaligus sponsor kompetisi strata tertinggi, yakni Liga 1, sejak musim lalu. Sedangkan BUMN lainnya, yakni PT Pegadaian, juga merupakan sponsor resmi untuk kompetisi Liga 2.

Di luar sepak bola, BUMN pun kerap menjadi pihak yang memiliki peran besar di dunia olahraga, seperti yang terdapat di olahraga golf. Pada tahun lalu, dua ajang golf utama di Indonesia, yakni Indonesia Open dan Indonesia Master juga disponsori oleh BUMN, yakni BNI 46.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, juga telah mengingatkan peran penting BUMN dalam penyelenggaraan ekosistem olahraga di Indonesia. Dalam keterangannya, Okto menegaskan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir merupakan salah satu sosok penting Indonesia dipercaya FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 silam.

Baca juga: Erick Thohir bersyukur Indonesia catatkan sejarah di Piala Asia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024