Beijing (ANTARA) - Lebih dari 80 persen perusahaan yang didanai asing di China menyatakan puas dengan lingkungan bisnis di negara itu, ungkap sebuah survei yang dirilis pada Selasa (30/1).

Survei tersebut, yang dilakukan pada kuartal keempat 2023 terhadap hampir 600 perusahaan, mengungkap bahwa lebih dari 90 persen responden menganggap pasar China sangat menarik, dan hampir 70 persen menyatakan optimisme mereka pada prospek pasar dalam lima tahun ke depan, menurut Yang Fan, juru bicara Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional.

"Dasar-dasar perekonomian China akan tetap stabil dan sehat dalam jangka panjang, dan 'daya tarik magnetis' pasar China bagi investasi asing akan menjadi makin kuat," kata Yang dalam sebuah konferensi pers.

Dari seluruh perusahaan asing yang disurvei, 68 persen merupakan perusahaan mikro dan kecil, sedangkan 65 persen bergerak di bidang pengolahan dan manufaktur di China.

Survei ini menunjukkan peningkatan berkelanjutan dalam hal kepuasan perusahaan asing terhadap lingkungan bisnis China selama kuartal keempat. Dalam berbagai aspek, termasuk akses pasar, perpajakan, dan penyelesaian sengketa perdagangan, lebih dari 90 persen perusahaan menyatakan kepuasannya.

Yang Fan mengatakan bahwa lebih dari 90 persen perusahaan yang disurvei memperkirakan profitabilitas mereka akan tetap berada di tingkat saat ini atau meningkat dalam lima tahun ke depan. Selain itu, makin banyak perusahaan, dibandingkan dengan kuartal ketiga, mempunyai rencana untuk meningkatkan investasi mereka di China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024