Jakarta (ANTARA) - Melalui acara tahunan Galaxy Unpacked yang berlangsung di Amerika Serikat, Samsung resmi meluncurkan flagship terbaru mereka Galaxy S24 yang dilengkapi AI sehingga ponsel semakin canggih.

Lewat Galaxy S24, Samsung memperkenalkan teknologi berbasis kecerdasan buatan yang diberi nama Galaxy AI. Galaxy AI merupakan inovasi terbaru Samsung yang menjadikan ponsel flagship itu semakin epic, penggunaannya termasuk mendukung image processing dan meningkatkan hasil zoom saat membuat konten.

Samsung meluncurkan tiga ponsel untuk seri Galaxy S24, yaitu Galaxy S24 reguler, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra. Galaxy S24 dan Galaxy S24+ menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang, yaitu ultra-wide camera 12MP, wide camera 50MP dan lensa telefoto 10MP dengan tiga kali pembesaran optik.

Pada kamera depan, Samsung menyematkan kamera resolusi 12MP.

Baca juga: Didukung mobile AI, simak kecanggihan fitur-fitur Galaxy S24 series

Sementara itu, Galaxy S24 Ultra memiliki empat kamera belakang yaitu lensa ultra-wide 12MP, wide-camera 200MP, telefoto 50MP dengan 5x zoom optik dan telefoto 10MP dengan 3x zoom optik.

Keberadaan Galaxy AI membuat kualitas gambar tetap ciamik meskipun mengalami zoom atau pembesaran hingga 100x.

Pengulas gawai dari JagatReview Dedy Irvan saat mencoba langsung Galaxy S24 Ultra di acara Galaxy Unpacked 2024 menjelaskan ketika kamera mengalami zoom 100x, hasil foto menunjukkan detail yang berkualitas.

"Detailnya jadi bagus. Jadi, mau berapa kali zoom bisa," kata Dedy.

Hasil zoom dari Galaxy S24 series menunjukkan noise atau bintik-bintik dan keburaman berkurang meskipun foto diambil dari jarak yang jauh. Kualitas foto tetap jernih dan tajam berkat peningkatan zoom digital.

Galaxy S24 Ultra memiliki Quad Tele System dengan 5x optical zoom untuk kamera 50MP. Samsung juga memberikan teknologi Adaptive Pixel Sensor sehingga kualitas zoom optik tetap baik pada berbagai level, baik 2x, 3x, 5x maupun 10x.

Baca juga: Blibli mulai program "pre-order" Samsung Galaxy S24 Series

Tak hanya pada foto, zoom juga berlaku ketika digunakan untuk merekam video. Zoom 5x bisa digunakan untuk merekam video 8K 30 FPS. Menurut Dedy, kemampuan itu bisa terjadi karena menggunakan lensa 50MP, bukan telefoto 12MP dan 10MP.

"Ini yang berbeda, ia sudah naik kamera tele-nya," kata Dedy.

Zoom optik juga berlaku ketika merekam pada resolusi 4K 60 FPS, kamera bisa melakukan zoom 1x, 3x dan 5x.

"Dan ini terus terang, zoom 5x-nya bagus banget ya," kata Dedy.

Kualitas foto tetap tajam pada zoom optik 5x Galaxy S24 Ultra karana ponsel bisa menangkap lebih banyak cahaya karena ukuran piksel lebih besar, yaitu 1,4 mikrometer, lebih besar 60 persen dibandingkan model ponsel pendahulunya.

Selain pada kamera, Galaxy AI juga disematkan untuk fitur penyuntingan seperti Edit Suggestion, yang bisa memberikan saran penyuntingan setelah memotret, dan Generative Edit, yaitu mengedit gambar dengan bantuan AI generatif sehingga hasil edit terlihat alami.

Baca juga: Galaxy S24 series resmi meluncur, jadi jawara buat konten dengan AI

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024