Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Barat melakukan sortir dan lipat surat suara calon presiden dan calon wakil presiden di Gedung Olahraga (GOR) Grogol Petamburan yang telah dimulai sejak Senin (8/1).

"Sortir itu adalah kita membuka surat suara, lalu kita lihat apakah ada kerusakan atau cacat, apakah bisa ditolelir, digunakan kembali atau tidak bisa," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat Endang Istianti saat ditemui di GOR Grogol Petamburan pada Kamis.

Isty menjelaskan, surat suara yang masih bisa digunakan akan dilipat dan yang tidak bisa digunakan akan disisihkan.

"Per tiga hari kita akan sortir ulang semua yang rusak, untuk memastikan itu benar-benar rusak dan tidak bisa digunakan," kata Endang.

KPU Jakarta Barat (Jakbar) melibatkan sekitar 300 warga setempat dalam kegiatan sortir dan lipat surat suara tersebut.

Baca juga: KPU Jakbar temukan ratusan surat suara rusak selama dua hari sortir

Untuk penyortiran dan pelipatan di GOR Grogol Petamburan mempekerjakan masyarakat setempat. "Dari lingkungan kita sendiri, dari teman-teman sendiri, PPKS, rekomendasi dan sebagainya," kata Endang.

Beberapa petugas sortir dan lipat surat suara DPR RI di GOR Kebon Jeruk ditawarkan juga menjadi petugas di GOR Grogol Petamburan.

"Untuk (petugas) GOR Kebon Jeruk juga kita tawarkan, boleh melanjutkan di GOR Grogol Petamburan. Bagi yang tidak (mau), enggak apa-apa," kata Endang.

Hingga hari ketiga sortir dan lipat, petugas menemukan sekitar 100 surat suara cacat. "Untuk jumlah, ini kan baru tiga hari, berarti yang tadi malam baru kita sortir ya. Kalau yang rusak 100-an," kata Endang.


Baca juga: Bawaslu Jakbar pastikan jumlah surat suara sesuai jumlah DPT

Adapun kategori rusak dominan, kata Endang, berupa robek atau terbelah, lunturan tinta atau titik-titik tinta yang dapat mengganggu pemilih.

"Jadi rusak itu kategirinya robek. Robeknya sudah dari pabrik, terbelah. Lalu ada lunturan tinta yang bisa mengganggu pemilih dalam memutuskan pilihannya," kata dia.

Ada titik-titik hitam lunturan. "Itu kategori yang tidak bisa digunakan kalau dalam jumlah yang sangat banyak dan mengganggu pilihan pemilih," kata Endang.

Pihaknya pada Kamis ini menargetkan menuntaskan sortir dan lipat 300.000 ribu surat suara.

"Nanti untuk sortir-lipat surat suara itu target selesainya, semua itu (DPR RI Dapil Jakarta III, DPRD DKI dan calon presiden dan calon wakil presiden) selesainya tanggal 25 Januari 2024," kata Endang.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024